Imriti dan terjemah



بسم الله الرحمن الرحيم
الحــــــــمد لله الذى قد وفقا
للـعلم خــــــــــير خلقه وللتقى
Segala puji bagiAllah yang telah menolong hamba – hamba terbaiknya dengan ilmu dan taqwa
حتى نـحت قلوبـــهم لنحوه
فمن عظيـــــــــم شأنه لم تحوه
Sehinga hati mereka menuju kepada-Nya , karena keagungan Dzat – Nya namun mereka tidak mampu mencakup - Nya
فأشـــربت معنى ضمير الشان
فأعربت فى الـــــحان بالالحان
Maka dicampurlah ma’na , dlomir syain ( kalimah taukhid ) di dalam hati , sehingga bisa merasakan indahnya berma’rifat kepada-Nya serasa mendengarkan alunan lagu
ثم الـــصلاة مع سلام لائق
على النبــــــــى افصح الخلائق
Sholawat serta salam sudah selayaknya di haturkan kepada Nabi yang paling fasih dari semua mahluk
محــــمد والال والاصحاب
من اتـــــــــقنواالقران بالاعراب
Yaitu Nabi Muhammad , kepada keluarga dan sahabatnya yang menyakini Al – qur’an dengan sebab I’rob
وبعد فاعــلم انه لما اقتصر
جل الورى على الكلام المختصر
Selanjutnya ketahuilah bahwa banyak ulama’ besar membuat ringkasan dari kitab yang sudah ringkas
وكان مطلوبا اشــــدا الطلب
من الورى حفظ اللسان العربى
Dan mendalami bahasa arab yang sangat penting bagi manusia
كى يــــفهموا معاني القران
والســـــنة الدقيقة الـــــمعانى
Supaya mereka bisa memahami Al – qur’an dan as-sunah yang rumit kandungan maknanya
والنحو اولى اولا ان يعلـما
اذ الكـــــلام دونه لن يفـــــهما
Nahwu adalah ilmu yang paling utama dipelajari dahulu , karena kalam Arab tanpa ilmu nahwu tidak bisa difahami
وكان خير كتبه الصــغيرة
كراسة لطيفة شــــــــــــــهيرة
Dan sebaik –baik kitab nahwu yang begitu kecil , yaitu satu kuras yang begitu tipis dan terkenal
فى عربها وعجمها والروم
الفها الحــــــــــبر ابن اجروم
Di negara Arab dan Ajam, juga dikerajaan Rum , yang dikarang oleh seorang yang alim yaitu IBNU AJURUM
وانتفعت اجــــــــلة بعلمها
مع ماتراه من لطيف حجمها
Ulama’-ulama’ besar banyak yang menimba ilmunya kitab Jurumiah, padahal mereka tahu dari bentuknya yang kecil
نظمتها نظما بديعا مقتدى
بالاصل فى تقريبه للمبتدى
Maka aku nadhomkan kitab jurumiah dengan nadhom yang indah serta mengikuti kitab asalnya untuk memudahkan orang yang mulai belajar ilmu nahwu
وقد حذفت منه ماعنه غنى
وزدته فوائدا بـــــــها الغنى
Aku telah membuang sebagian yang kurang perlu , dan aku tambahkan beberapa faedah yang cukup penting
متمـــــــما لغالب الابواب
فجاء مثل الشـــــــرح للكتاب
Untuk melengkapi bab-bab yang sudah ada , maka adanya kitab ini seperti sebuah penjelasan ( syarah ) dari kitab asal (jurumiah )
سئلت فيه من صديق صادق
يفهم قولــــــى لاعتقاد واثق
Aku diminta untuk membuat nadhom oleh beberapa sahabat dekat yang bisa memahami ucapanku dengan tekat yang kuat
اذالفتى حسب اعتقاده رفع
وكل من لم يعتقـــــد لم ينتفع
Karena kemuliaan kawula muda di ukur dari tekadnya, barangsiapa tidak mempunyai keyakinan ( tekad ) maka tidak akan meraih ( keberhasilan )
فنسأل المنان ان يجــــيرنا
من الريا مضـــــاعفا اجورنا
Aku mohon kepada dzat yang maha pemurah supaya menyelamatkan diriku dari sifat riya’ juga melipat gandakan pahalaku
وان يكـــــــون نافعا بعلمه
من اعتنى بحــــــفظه وفهمه
Dan semoga memberikan manfaat ilmu nadhom ini bagi siapa saja yang telah berusaha menghafal dan memahaminya
باب الكلام
كلامــــــهم لفظ مفيد مسند
والكـــــلمة اللفظ المفيد المفرد
Kalam menurut mereka ( ahli nahwu ) adalah lafadz yang menunjukan (mufid ) yang disandarkan , sedang kalimah adalah lafad yang menunjukan makna serta mufrod (tidak disandarkan )
لاسم وفعل ثم حرف تنقسم
وهذه ثلاثهــــا هى الكلم
Kalimah dibagi atas kalimah isim , fiil , dan huruf . dan kalimah ketiga ini berkumpul sebagai kalim
والقــــول لفظ قد افاد مطلقا
كقــــم وقد وان زيدا ارتقى
Qoul adalah lafad yang berfaedah secara mutlaq seperti lafadقد - قمdanان زيداارتق
فالاسم بالتنوين والخفض عرف
وحرف خفــض وبلام والف
Kalimah isim ditandai dengan tanwin – I’rob jer –huruf jer danال
والفعل معروف بقد والسين
وتاء تأنيــــــث مع التسكبن
Tanda kalimah fiil dengan adanyaسين – قدta’ta’nis sakinah
وتا فعلت مطلقا كجئت لى
والنون واليافى افعلن وافعلى
Ta’nya lafadفعلت( ta’ fail ) secara mutlaq seperti lafadجئت لى–nun( taukid ) contohافعلنdan ya’ ( muanas mukhotobah ) contohافعلى
والحرف لم يصلح له علامه
الا انتفــــــــــــــا قبوله العلامه
Kalimah huruf adalah kalimah yang tidak pantas mempunyai tanda selain keadaanya yang memang tidak bisa menerima tanda
باب الاعراب
اعرابهم تغيــــير اخر الكلم
تقديرا او لفظا لعامــــل علم
I’rob menurut mereka ( ulama’ nahwu ) adalah perubahan di akhir kalimah secara kira-kira / tampak lafadnya karena masuknya amil yang telah di ketahui
اقســــــــامه اربعة فلتعتبر
رفع ونصــــب وكذا جزم وجر
Pembagian I’rob ada 4 secara jelas yaitu rofa’ , nashob , jer , jazem
والكل غيرالجزم فى الاسما يقع
وكلها فى الفعل والخفض امتنع
Semua I’rob bisa masuk pada kalimah isim selain I’rob jazem dan semuanya juga bisa masuk pada kalimah fiil selain I’rob jer
وسائر الاسماء حيث لاشبه
قربها من الحـــروف معربه
Isim isim yang tidak serupa dengan kalimah huruf secara dekat disebut isim mu’rob
وغير ذى الاسماء مبنى خلا
مضارع من كل نون قد خلا
Selain isim isim ( yang disebut di atas ) di sebut isim mabni kecuali fiil mudlori’ yang sunyi dari setiap nun ( baik nun taukid / nun jama’ niswah)
باب علامات الاعراب
للرفع منها ضمة واو الف
كذاك نون ثابت لامنحذف
Tanda dari I’rob rofa’ yaitu dlommah , wawu , alif , dan tetapnya nun yang tidakterbuang
فالضم فى اسم مفرد كاحمد
وجمـع تكسير كجاء الاعبد
Dlommah ( menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat pada isim mufrod contohاحمدdan jama’ ta’sir contohجاءالاعبد
وجمـــــــع تأنيث كمسلمات
وكل فــــــــــعل معرب كيأتى
dan jama’ ta’nits contohمسلماتdan fiil yang mu’rob contohيأتى
والواو فى جمع الذكور السالم
كالصالحون هم اولوالمكارم
Wawu ( menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat pada jama’ mudhakar salim seperti lafadالصالحون هم الوالمكارم
كما اتت فى الخمسة الاسماء
وهى التى تأتى على الولاء
Sebagaimana wawu ( pada jama’ mudhakar salim ) juaga terdapat pada asmaul khomsah yang akan di datangkan dengan urut
اب اخ حم وفو وذو جرى
كل مـــــــضافا مفردا مكبرا
اب , اح , حم , فو, ذوyang berlaku dalam bentuk mudhof , mufrod serta mukabbar
وفى المثنى نحو زيدان الالف
والنون فى المضارع الذى عرف
Alif ( menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat pada isim tasniyah seperti lafadزيدانdan nun ( menjadi tanda I’rob rofa’ ) bertempat dalam fiil mudhori’ yang di ketahui
بــــــــــيفعلان تفعلان انتــما
ويفعلــــــون تفعلون معهما
Dengan lafadيفعلان , تفعلان , يفعلون , تفعلون
وتفعلـــــين ترحمين حالى
واشتهرت بالخمسة الافعال
)ترحمين(تفعلينYang dikenal sebagaiافعل الخمسة
باب علامات النصب
للنصب خمس وهى فتحة الف
كسر وياء ثــــم نون تنحذف
I’rob nashob mempuyai 5 tanda yaitu fatkhah , alif , kasroh , ya’ , terbuangnya nun
فانصب بفتح مابضم قدرفع
الا كهندات ففتــــــحه منع
Nashobkanlah dengan fathah pada lafad – lafad yang di baca dhomah ketika di rofa’kan kecuali semisal lafadهندات(jama’ muanas salim ) yang tidak boleh di baca fatkhah .
واجعل لنصب الخمسة الاسما ألف
وانصب بكسر جمع تأنيث عرف
Jadikan alif sebagai tanda I’rob nashobnya asmaul khomsah dan nashobkanlah jama’ muannas salim dengan kasroh
والنصب فى الاسم الذى قد ثنيا
وجمع تذكير مصـــــحح بيا
I’rob nashobnya isim tasniyah dan jama’ mudhakar salim adalah memakai ya’
والخمسة الافعال حيث تنتصب
فحذف نون الرفع مطلقا يجب
Af’alul khomsah jika di baca nashob maka , dengan membuang ,nun rofa’ secara mutlak
باب علامات الخفض
علامات الخفض التى بها انضبط
كسر وياء ثم فتحة فقط
Tanda I’rob jer yang sudah di tetapkan adalah kasroh , ya’ , dan fatkhah
فاخفض بكسر ما من الاسما عرف
فى رفعه بالضم حيث ينصرف
Jerkanlah dengan ,kasroh , pada isim yang menerima tanwin yang di tandai dengan dhomah dalam I’rob rofa’nya
واخفض بياء كل ما بهانصب
والخمسة الاسما بشرطها تصب
Jerkanlah dengan ya’ pada setiat isim yang dinashobkan dengan ya’ serta pada asmaul khomsah yang telah memenuhi syarat
واخفض بفتح كل ما لم ينصرف
مما بوصف الفعل صار يتصف
Jerkanlah dengan fatkah pada setiap isim ghoiru munshorif yaitu isim yang mempunyai kesamaan dengan sifat fiil
بان يحـــــوز الاسم علتين
او علـــــــة تغنى عن اثنتين
Yang mempunyai illat 2 atau 1 yang mencakup illat 2
فالف التأنيث اغنت وحدها
وصيغة الجمع الذى قد انتهى
Illat alif ta’nis ( menghalangi kemunshorifan ) cukup dirinya sendiri sebagai mana shiqhot muntahal jumu’ !
والعلتان الوصف مع عدل عرف
او وزن فعل او بنون والف
Dua illat ( yang menghalangi kemunshorifan ) adalah sifad dengan udul / wazan fiil /dengan alif nun
وهذه الثـــــلاث تمنع العلم
وزاد تركيـــبا واسماء العجم
Ketika illat ( yang disebutkan ) juga menghalangi kemunshorifan isim alam dan di tanbah terkib majzi dan isim-isim ajam
كذاك تأنيث بما عد الالف
فأن يضف او يأتى بعد ال صرف
Demikian juga ta’nis tanpa alif apabila isim qhoiru munshorif di mudhofkan / kemasukanالmaka kembali munshorhif
باب علامات الجزم
والجزم فى الافعال بالسكون
او حذف حرف علة او نون
I’rob jer yang masuk dalam kalimah fiil ditandai dengan sukunatau membuang huruf illat / nun
فحذف نون الرفع قطعا يلزم
فى الخمسة الافعالحيث تجزم
Membuang nun alamat rofa’ di tetapkan dalam af’alul khomsah yang di baca jazem
وبالسكون اجزم مضارعا سلم
من كونه بحرف علة ختم
Jazemkanlah dengan sukun pada fiil modlore’ yang selamat huruf akirnya dari huruf illat
اما بواو او بياء او الف
وجزم ممعتل بها ان تنحذف
Baik berupa wawu / ya’ / alif dan i’rob jazemnya fiil mudlore’ mu’tal akhir adalah dengan membuang huruf illat
ونصب ذى واو وياء يظهر
وما سواه فى الثلاث قدروا
Tanda nashob fiil mudlore’ mu’tal wawi dan mu’tal ya’I di baca jelas ( fatkhah ) sedangselain I’rob nashob dalam fiil tiga ( mu’tal wawi , ya’I , alif ) dikira-kirakan
فنحو يغزو يهتدى يخشى ختم
بعلــــــة وغيره منها سلم
Contohيغزو – يهتدى -يخسyang akhirnya huruf illat dan selain lafad-lafad tersebut . di anggap selamat ( di sebut fiil bina’ salim )
وعلة الاســــــماء ياء والف
فنحو قاض والفتى بها عرف
Huruf illat kalimah isim adalah ya’dan alif sedang lafadقاض & الفتىtelah di ketahui kemasukan huruf illat
اعراب كل منــــــــهما مقدر
فيها ولكن نصب قاض يظهر
I’robnya setiap isim mu’tal ya’ & alif di kira- kirakan dengan huruf illat tetapi I’rob nashobnya . lafadقاضdijelaskan
وقدروا ثلاثــــــــــة الاقسام
فى الميم قبل الياء من غلامى
Orang arab mengira-ngirakan tiga I’rob ( rofa’ , nashob , jer ) pada huruf mim yang jatuh sebelum ya’nya lafadغلامى
والواو فى كمسلمى اضمرت
والـــــــــــنون فى لتبلون قدرت
Wawu pada lafad sepertiمسلمتdi simpan sedangنونpada lafadلتبلونdi kira-kirakan
فصل
المعربات كلها قد تعرب
بالحركات او حروف تقرب
Semua kalimah mu’rob di I’robi dengan harokat / dengan huruf
فاول القسمين منها اربع
وهى التى مرت بضم ترفع
Bagian pertama dari kalimah mu’rob ( yang di tandai dengan harokat ) ada 4 . yaitu di tandai dengan dhomah , ketika di baca rofa’
وكل ما بضـــــمة قد ارتفع
فنــــــصبه بالفتح مطلقا يقع
Semua kalimah di semua tanda rofa’nya dengan dhomah , maka nashobnya memakai fatkhah secara mutlaq
وخفض الاسم منه بالكسر التزم
والفعل منه بالسكون منجزم
Tanda jernya isim ( yang demikian ) selalu di tandai dengan kasroh ,sedang jazemnya kalimah fiil di tandai dengan sukun
لكن كهندات لنصبه انكسر
وغير مصروف بفتحة يجر
Akan tetapi isim seperti lafadهنذات( jama’ muanassalim ) di bacakasroh ketika nashob dan isim qhoru munshorif di baca fathah ketika di jerkan
وكل فعل كان معتلا جزم
بــــحذف حرف علة كما علم
Semua fiil mu’tal ketika di jazemkan di tandai dengan membuang huruf illat
والمعربات بالحروف اربع
وهى المـــــثنى وذكور تجمع
Isim-isim mu’rob yang di tandai dengan huruf ada 4 yaitu isim tasniyah dan jama’ mudhakar
جمعا صحيحا كالمثال الخال
وخمــــــسة الاسماء والافعال
Dengan jama’ shoheh seperti yang lalu dan asmaul khomsah dan af’alul khomsah
اما المثنى فلرفعه الالف
ونصبه وجره بالياعرف
Adapun isim tasniyah tanda rofa’nya dengan alif , ketika nashob dan jernya di tandai dengan ya’
وكالمثنى الجمع فى نصب وجر
ورفعه بالواو مر وستقر
Seperti halnya isim tasniyah adalah jama’ mudhakar salim ketika tingkah nashob & jer . sedang I’rob rofa’nya memakai wawu
والخمسة الاسما كهذاالجمع فى
رفع وخفض وانصبن بالالف
Asmaul khomsah juga seperti jama’ mudhakar salim ketika di baca rofa’ dan jer , namun nashobkanlah dengan tanda alif
والخمسة الافعال رفعها عرف
بنونها وفى سواه تنحذف
Af’alul khomsah tanda rofa’nya memakai nun dan selain rofa’ di tandai dengan terbuangnya nun
باب المعرفة والنكرة
وان ترد تعريف الاسم النكرة
فهو الذى يقــــــبل ال مؤثرة
Bila kamuingin mengetahui pengertian isim nakiroh maka pengertianya adalah isim yang bisa menerimaالmuats siroh ( berpengaruh )
وغيره معارف وتــــــحصر
فى ستة فالاول اسم مضمر
Selain isim nakiroh disebut isim ma’rifat dan di bagi 6 yang pertama isim dhomir
يكنى به عن ظاهر فينتمى
للغيــــــب والحضور والتكلم
Yaitu isim yang di buat kinayah dari isim dlomir : maka isim dlomir ada yang menunjukan ghoib , hadlir dan takalum
وقســـــــــموه ثانيا لمتصل
مســـــــــتتر اوبارز اومنفصل
Mereka ahli nahwu membagi dhomir menjadi 2 yaitu dlomir muttasil mustatir dan muttasil baris serta dlomir munfasil
ثانى المعارف الشهير بالعلم
كجـــــــــعفر ومكـــة وكالحرم
Yang kedua isim ma’rifat adalah isim alam seperti lafadجعفر -مكه - الحرم
وام عــــــــــمرو وابى سعيد
ونـــــحو كهف الظلم والرشيد
ام عمرو – ابىسعيد – كهف الظلم – الرشيد
فـــــــما اتى منه بام او باب
فكنـــية وغيره اســـــم او لقب
Lafadz yang di sandarkan pada lafadاب \ امmaka disebut alam kun-yah selain itu di sebut alam asma / laqob
فما بمــــــــدح او بذم مشعر
فـــــلقب والاســم مالا يشعر
Isimyang menunjukan sanjungan / hinaan di sebut alam laqob sedang alam asma tidak menunjukan ( makna hinaan / sanjungan )
ثالثـــــــــها اشارة كذا وذى
رابـــعها موصول الاسم كالذى
Yang ke tiga dari isim ma’rifat adalah isim isyaroh seperti lafadذاdanذىyang ke empatnya isim ma’rifat adalah isim maushul seperti lafadالذى
خامســـــها معرف بحرف ال
كمــــا تقول فى محل المحل
Yang ke lima isim ma’rifat adalah isim yang di ma’rifatkan dengan hurufالsebagai mana ucapan kamu pada lafadمحلmenjadiالمحل
سادسها ماكان من مضاف
لواحد من هذه الاصناف
Yang ke enam isim ma’rifat adalah isim yang di mudhofkan pada salah satu golongan isim ma’rifad di atas
كقولك ابنى وابن زيد وابن ذى
وابن الذى ضربته وابن البذى
Seperti ucapanmuابنى-ابن زيد-ابن ذى-ابن الذى-ابن البذى
باب الافعال
افعالــــــهم ثلاثة فى الواقع
ماض وفعل الامر والمضارع
Fiil menurut mereka ( ulama’ nahwu ) di bagi 3 yaitu fiil madhi , amar , mudlore’
فالماضى مفتوح الاخير ان قطع
عن مضمر محرك به رفع
Fiil madhi di baca fathah huruf akirnya jika terputus dari dhomir mahal rofa’ mutaharik
فان اتى مع ذاالضمير سكنا
وضمه مع واوجمع عينا
Jika fiil madhi bertemu dengan dlomir rofa’ mutaharik , maka di baca sukun dan jika bertemu wawu jama’ maka tentu di baca dhomah
والامر مبنى على السكون
او حذف حرف علة اونون
Fiil amar hukumnya mabni sukun / membuang huruf illat / nun ( alamat Rofa’ )
وافتتحو مضارعا بواحد
من الحروف الاربع الزوائد
Mereka meletakkan salah satu huruf ziadah yang berjumlah 4 pada permulaan fiil mudhori’
همز ونون وكذا ياء وتا
يجمعها قولى انيت يا فتى
Yaitu huruf hamzah , nun , ya’ ,dan ta’ yang berkumpul dalam ucapanانيت
وحيث كانت فى رباعى تضم
وفتحها فيما سواه ملتزم
Sekira fiil mudhori’ itu dari fiil ruba’I maka huruf mudhori’nya didhomah , jika tidak berbentuk ruba’i maka huruf mudhori’nya wajib di baca fathah
باب اعراب الفعل
رفع المضارع الذى تجردا
عن ناصــــــب وجازم تأبدا
Rofanya Fiil mudlori’ yang sepi dari amil yang menashobkan dan yang menjazemkan itu abadi ( selamanya )
فانصب بعشر وهى ان ولن وكى
كذا اذن ان صدرت ولام كى
Nashobkanlah fiil mudlori’ dengan 10 amil yaituلام كيى( bila di buat permulaan kalam)ان -لن -كى -اذن
ولاجــــحد وكذا حتى واو
103
والواو والفافى جواب قد عنوا
فاء -واو -او -حتى -لام جحود( yang di maksudkan untuk jawab )
به جوابا بعد نفى او طلب
104
كلا ترم علما وتترك التعب
Sebagai jawab jatuh setelah nafi / tholab , seperti
contoh :علماوتترك التعبلاترم
وجزمه بلم ولما قد وجب
ولا ولام دلتا على الطلب
Jazemnya fiil mudhore’ dengan adanyaلام , لا , لما , لمyang menunjukan makna tholab
كذاك ان وما ومن واذما
اى متى ايان اين مهما
Demikian jugaمهما -اين -ايان-مت-اى -اذما -من-ما-ان
وحيثـــــــــــما وكيفما وانى
كان يقم زيد وعمرو قــــــمنا
انى -كيفما-حيثماSeperti contoh :ان يقم زيد وعمرو قمنا
واجزم بان وما بها قد الحقا
فعلين لفظا او محــــــلا مطلقا
Jazemkanlah kedua fiil denganانdan lafadz- lafadz yang di samakan denganya baik jazem secara lafadz maupun mahall secara mutlaq
وليقترن بالفا جواب لو وقع
بعد الاداة موضع الشرط امتنع
Sertakan jawab dengan fa’ jika perabotnya terhalang dari tempatnya syarat
باب مرفوعات الاسماء
مرفوع الاسما سبعة تأتى بها
معلومة الاسماء من تبويبها
Isim yang di baca rofa’ ada 7 yang akan aku datangkan dengan keterangan dari tiap babnya
فالفاعل اسم مطلقا قد ارتفع
بفعله والفــــــــعل قبله وقع
Isim fiil di baca rofa’ secara mutlaq oleh fi’ilnya yang terletak sebelum fa’il
وواجب فى الفعل ان يجردا
اذا لجمـــع او مثنى اسندا
Wajibnya fiil itu disunyikan ( mufrod ) ketika di sandarkan pada fa’il terbentuk jama’/ tasniyah
فقل اتى الزيدان والزيدون
كجـــــــاء زيد ويجى اخونا
Maka ucapanجاءزيد -يحيىاخونا\اتى الزيدان والزيدون
وقسموه ظاهرا ومضمرا
فالظاهر اللفظ الذى قد ذكرا
Para ahli nahwu membagi fail menjadi 2 yaitu fail isim dhohir dan fail isim dhomir , adapun fail isim dhohir adalah lafadz yang sudah disebutkan
والمضمر اثنا عشرنوعا قسما
كقمت قمنا قمت قمت قمتما
Isim dhomir ada 12 bagian seperti
قمت -قمنا -قمت -قمت -قمتما
قمتن قمتم قام قامت قاما
قاموا وقمن نحو صمتم عاما
قاموا وقمن نحو صمتم عامقمتن قمتم قام قامت قاما
وهذه ضــــــــمائر متصلة
ومثاها الضمائر المنفصلة
Ini adalah isim dlomir muttsil seperti dlomir muttasil yaitu dlomir munfasil
كلم يقــــــــــم الا انا وانتم
وغـــــــــير ذين بالقياس يعلم
Sepertiلم يقم الا انتم\لم يقم الااناdan selain kedua contoh ini bisa di ketahui kiasnya
باب نائب الفاعل
اقم مقام الفاعل الذى حذف
مفــــــــعولهفى كل ماله عرف
Tempatkan maf’ul pada tempatnya fa’il yang dibuang pada setiap alasan yang telah di ketahui
او مصدرا او ظرفااومجرورا
ان لم تجد مفعوله المذكورا
Atau masdar / dhorof / jer majrur apabila maf’ulnya yang sudah di sebut tidak ditemukan
واول الفعل الذى هنا يضم
وكسـرما قبل الاخير ملتزم
Huruf pertama fi’il di baca dhomah . dan huruf sebelum akhir wajib di kasroh
فى كل ماض وهو فى المضارع
منفتـــــــح كيدعى وكادعى
Yaitu dalam fiil madhi dan dalam fiil mudlori’ huruf sebelum akhir dibaca fathah contoh :ادعى \ يدعى
واول الفعل الذى كباعا
منكسر وهو الذى قد شاعا
Huruf pertamanya fi’il semisalباع( mu’tal ain ) di baca kasroh ini adalah pendapat yang mashur
وذاك اما مضمر او مظهر
ثانيهــــــما كيكرم المبشر
Naibul fa’il ada kalanya berupa isim dlomir adakalnya isim dhohir contoh : yang kedua ( isim dhohir ) sepertiيكرم المبشر
اما الضمير فهو نحو قولنا
دعيت ادعى مادعى الا انا
Adapun isim dlomir adalah seperti ucapan kitaدغيت , ادعى . مادعى الاانا
باب المبتدا والنكرة
المبتدااســـــــــــم رفعه مؤبد
عن كل لفــــــظ عامل مجرد
Mubtada’ adalah isim yang di baca rofa’ selamanya , dan di sunyikan dari amil lafdhi
والخبر اسم ذواارتفاع اسندا
مطابقا فى لفــــــــظه للمبتدا
Khobar adalah isim yang di baca rofa’ yang di sandarkan pada mubtada’ dengan menyesuaikan lafadznya
كقولنا زيد عظــيم الشان
وقولنا الزيدان قائــــــــــمان
Seperti ucapan kitaزيد عظيم الشان – الزيدان قائمان
ومثله الزيدون قائمـــــــون
ومنه ايضـــــــا قائم اخونا
Dan sepertiقائم اخوناdan lagiالزيدون قائمون
والمبتدااسم ظاهر كما مضى
او مضمر كانت اهل للقضا
Mubtada’ adakalanya berupa isim dhohir seperti contoh yang lalu dan ada yang berupa isim dlomir sepertiانت اهل للقض
ولا يجوز الابتدا بما اتصل
من الضمير بل بكل ماانفصل
Tidak boleh membuat mubtada’ dari dhomir muttasil tetapi boleh dari dlomir munfasil
انا ونـــــــحن انت انت انتما
انتن انتم وهو وهى هم هما
وهن ايضا فالجميع اثنا عشر
وقد مضى منها مثال معتبر
Danهنsemua berjumlah 12 sedang contohnya sudah di jelaskan pada pembahasan dahulu
ومفردا وغيره يأتى الخبر
134
فالاول اللفظ الذى فى النظم مر
Khobar ada yang berbentuk mufrod dan qhoiru mufrod yang pertama ( khobar mufrod ) adalah lafadz yang sudah di sebutkan dalam nadhom yang sudah lalu
وغيره فى اربع محصور
لا غير وهى الظرف والمجرور
Khobar ghoiru mufrod di ringkas menjadi 4 tidak lebih yaitu dhorof – jer majrur
وفاعل مع فعله الذى صدر
والمبتدامع ماله من الخبر
Fa’il dengan fiilnya dan mubtada’ dengan khobarnya
كانت عندى والفتى بدارى
وابنى قرا وذا ابوه قارى
كان واخواتها
ارفع بكان المبتدااسما والخبر
بهاانصبن ككان زيد ذا بصر
Rafa’kanlah mubtada’denganكانsebagai isimnya dan nashobkan khobarnya dengan-nya seperti contohكان زيد ذابصر( Zaid mempunyai penglihatan )
كذاك اضحى ظل بات امسى
وهكذا اصــــــــــبح صار ليسا
Sebagaimanaكانadalah :اضحى ظل بات امسىselanjutnyaاصبح صار ليسا
فتئى وانفك وزال مع برح
اربعها من بعد نفى تتضح
فتئى وانفك وزال مع برحlafadz empat ini dijelaskan setelah nafi
كذاك دام بــــــعدما الظرفيه
وهى التى تكون مصدريه
Sebagaimanaكانjuga lafadzدامyang jatuh setelahما الظرفيةyaituماyang menjadi ta’wilnya masdar
وكل ماصرفته مما سبق
من مصدر وغيره به التحق
Dan semua lafadz yang kamu tashrif dari lafadz yang sudah disebutkan baik dari masdar atau selainya itu samakan ( dikategorikanhukumnya )
ككن صديقا لاتكن مجافيا
وانظر لكونى مصبحا موافيا
Seperti contoh nadhom diatas
ان واخواتها
تنصب ان المبتدااسما والخبر
ترفــــــــعه كان زيدا ذونظر
انmenashobkan mubtada’ sebagai isimnya dan merofsa’kan khobar ( nya mubtada’ ) contohان زيدا ذونظر:sesungguhnya zaid mempunyai penglihatan
ومثل ان ان ليت فى العمل
وهكذا كان لكن لـــــــعل
Seperti halnyaانdalam pengalamanya adalahان,ليتdan jugaكان لكن لعل
واكدواالمـــــــــعنى بان انا
وليت من الفاظ من تمنى
Dan mereka ( ahli nahwu ) mengukuhkan makna dengan lafadzان,انdan afadzليتtermasuk lafadznya orang yang mengharap ( sesuatu yang muhal )
كان للتشبيه فى المحاكى
واستــــعملوالكن فىاستدراك
Lafadzكانuntuk penyerupaan didalam pembicaraan dan mereka ( ahli nahmu ) menggunakan lafadzلكنuntuk faedah istidrok ( penyisipan )
ولــــــــــــترج وتوقع لعل
كقولهم لعل محبوبى وصل
Dan lafadz la’alla untuk faedah tarajji atau tawaqu’ seperti perkataan orang arab( mudah – mudahan kekasihku datang )
ظن واخواتها
انصب بظن المبتدامع الخبر
وكل فــــعل بعدها على الاثر
Nashobkanlah mubtada’ & Khobar denganظنdan dengan semua fi’il setelahظنyang mengikuti
كخلته حســــــبته زعمته
رايته وجـــــــــــدته علمته
Sepertiخلته حسبته زعمتهرايته وجدته علمته
جــــــــعلته اتخذته وكل ما
من هذه صــــــــرته فليعلما
جعلته اتخذتهdan semua fi’il – fi’il yangtelah anda tasrif, maka ketahuilah
كقولهم ظننت زيدا منجدا
واجعل لنا هذا المكان مسجدا
seperti ucapan orang arab “ظننت زيدا منجدا“( aku telah menduga zaid telang menolong )-واجعل لنا هذا المكان مسجدا( jadikan untukku tempat ini sebagai masjid )
باب النعت
النعت اما رافع لمضمر
يعود للمنعوت او لمظهر
Na’at itu adakalanya merafa’kan pada isim dlamir ( yang disembunyikan yaitu na’at haqiqi ) yang kembali pada man’utnya atau merafa’kan isim dhahir
فاول القسمين منه اتبع
منعوته من عشرة لاربع
Yang pertama dari dua bagian itu, ikutkanlah man’utnya terhadap empat hal dari sepuluh perkara
فى واحد من اوجه الاعراب
من رفع او خفض او انتصاب
Pada salah satu dari segi I’robnya yaitu rafa’ atau jer atau nashob
كذا من الافراد والتذكير
والضد والتعريف والتنكير
Demikian halnya dari segi mufrod ( satuanya ) dan mudzakarnya, dan lawan dari keduanya serta dari segi ma’rifat dan nakirohnya
كقولنا جاء الغلام الفاضل
وجاء معه نسوة حوامل
Seperti ucapan kita “جاء الغلام الفاضل”( telah datang anak muda yang utama )وجاء معه نسوة حوامل( dan datang bersamanya para wanita hamil )
وثانى القسمين منه افرد
وان جرى المنعوت غير مفرد
Yang nomor dua dari dua bagian itu ( na’at sababi )’mufradkan na’at walaupun man’utnya berlaku tidak mufrad
واجعله فى التأنيث والتذكير
مطابــــــــــــقا للمظهر المذكور
Jadikanlah ( na’at sababi )muanats dan mudzakarnya sesuai isim dhohirnya yang telah disebut
مثـــــــاله قد جاء حرتان
منــــــــــــطلق زوجهما العبدان
Contohnya na’at ( sababi )منطلق زوجهما العبدانقد جاء حرتان(sungguh telah datang dua wanita merdeka yang kedua suaminya sebagai hamba telah pergi )
ومثله اتى غلام سائلة
زوجته عن دينها المحتاج له
Dan semisalnya contoh :
باب العطف
واتبعواالمعطوف بالمعطوف
عليه فى اعرابه المعروف
Ikutkanlah oleh kalian, ma’tuf dengan ma’tuf alaihnya dalam hal I’rob yang telah diketahui
وتستوى الاسماء والافعال فى
لتباع كل مثـــله ان يعطف
Sama antara kalimah isim dan fi’il dalam hal itba’ apabila di athofkan pada sejenisnya
بالواو والفا او وام وثما
حتى وبل ولا ولكن امــــــــــا
Dengan huruf wawu, fa’, au, am, tsumma, hatta, bal, la, lakin, imma
كجاء زيد ثم عمرو اكرم
زيدا وعمرا باللقا والمطعم
Seperti contoh :جاء زيد ثم عمرو(zaid telah datang kemudian umar )
اكرم زيدا وعمرا بالقا والمطعم(muliakanlah zaid dan umar dengan pertemuan dan hidangan )
وفئة لم يأكل او يـــــــحضر
حتى يفوت او يزول المنكر
باب التوكيد
وجائز فى الاسم ان يؤكدا
فيتبع المؤكد المؤكدا
Kalimah isim boleh dikukuhkan dan lafadz yang mengukuhkan mengikuti lafadz yang dikukuhkan
فى اوجه الاعراب والتعريف لا
منــــــــــكر فعن مؤكد خلا
Dalam semua segi I’rob dan ma’rifatnya, tidak dinakirahkan karena ia terbebas dari lafadz yang mengukuhkan
ولفظه المشهور فيه اربع
نفــــــس وعين ثم كل اجمع
Lafadz taukid yang terkenal ada empat yaitu nafsun, ainun, kullun, ajmaun
وغـــــــيرها توابع لاجمعا
من اكتــــــع وابتع وابصعا
Selainnya mengikuti lafadz ajma’un yaitu lafadz akta’a, abta’a, absho’a
كجاؤ زيد نفسه وقل ارى
جيـــــــش الامير كله تأخرا
جاء زيد نفسه(zaid datang sendiri )ارى جيش الامير كله تأخر(saya melihat pasukan raja semuanya mundur )
وطفت حول القوم اجمعينا
متبوعة بنـــــــــحو اكتعينا
وطفت حول القوم اجمعينا( aku keliling mengitari kaum semuanya ) dengan diikuti lafadzاكتعين
وان تؤكد كلمة اعد تها
بلفظها كقولك انتهى انتهى
apabila kamu membuat taukid dari kalimah maka ulangilah lafadzitu seperti ucapanmu :انتهى انتهى
باب البدل
اذااسم اوفعل لمثله تلا
والحكم للثانى وعن عطف خلا
Apabila isimatau fi’il mengikuti lafadz yang semisalnya dan hukum untuk lafadz yang kedua dan disepikan dari huruf athof
فاجعله فى اعرابه كالاول
ملقـــــــــــــبا له بلفظ البدل
Maka jadikanlah I’rabnya seperti ( mengikuti ) lafadz yang pertama dengan lafadz badal sebagai julukanya
كل وبعض واشتمال وغلط
كذاك اضراب فبالخمس انضبط
Yaitu badal kullun ( semua ) ba’dlun ( sebagian ) isytimal ( tercakup ) gholath ( keliru ) demikian badal idrob, maka badal terbagi lima
كجاءنى زيد اخوك واكل
عندى رغيفا نصفه وقد وصل
Sepertiجاءنى زيد اخوك( telah datang zaid kepadaku yakni saudaramu )اكل عندى رغيفا نصفه( auku makan roti yang ada didekatku yakni separuhnya )
الى زيد علمه الذى درس
وقد ركبت اليوم بكر الفرس
وقد وصل الى زيد علمه( telah sampai zaid kepadaku yakni ilmunya )قد ركبت اليوم بكرا الفرس( sungguh hari ini aku naik Bakar yakni kuda )
ان قلت بكرا دون قصد فغلط
او قلته قصدا فاضراب فقط
Apabila kamu mengatakan Bakar tanpa sengaja maka dinamakan badal gholad atau kamu mengatakan Bakar dengan sengaja maka badal idlrob
والفعل من فعل كمن يؤمن يثب
يدخل جنانا لم ينل فيها تعب
dan ( membuat) badal fi’il dari mubdal minhu fi’il sepertiمن يؤمن يثب يدخل جنانا لم ينل فيها تعب( barang siapa beriman maka diberi pahala yakni dimasukkan surga tidak ada kesulitan didalamnya
باب منصوبات الاسماء
ثلاثة من سائر الاسماء خلت
منصوبة وهذه عشر تلت
Tiga dari isim isim yang sudah disebutkan diatas ( yakni khabar kana – isimnya inna – maf’ul dhonna ) itu dinashobkan dan berikut ini yang sepuluh lagi
وكلها تأتى على ترتيبه
اولها فى الذكر مفعول به
Dan semuanya akan disebutkan secara urut yang pertama disebutkan adalah maful bih
وذالك اسم جاء منصوبا وقع
عليه فعل كاحذروااهل الطمع
Maf’ul bih itu adalah isim yang dibaca nashob yang menjadi sasaran perbuatan, sepertiاحذروا اهل الطمع( takutlah pada ahli tamak )
فى ظاهر ومضمر قد انحصر
وقد مضى التمثيل للذى ظهر
Maf’ul bih terbagi menjadi maf’ul bih isim dhohir dan maf’ul bih isim dhomir, dan contoh maf’ul bih isim dhohir sudah lalu
وغيره قسمان ايضا متصل
كجاءنى وجاءنا ومنفصل
Selain maf’ul bih isim dhohir ( yakni maf’ul bih isim dlomir ) ada dua bagian lagi yaitu maf’ul bih isim dlomir muttasil sepertiجأنى , جأناdan maf’ul bih dlomir munfasil
مثــــــــــاله اياى او ايانا
حيــــــيت اكرم بالذى حيانا
Contohnya
وقس بذين كل مضمر فصل
وباللذين قــــــــبل كل متصل
Kiaskan dengan dua contoh ini pada maf’ul bih dlomir munfasil dan dengan dua contoh sebelumnya pada maf’ul bih dlomir muttasil
فكل قسم منهما قد انحصر
ماجاء من انواعه فى اثنى عشر
maka tiap – tiap dua bagian terbagi menjadi12 macam
باب المصدر
وان ترد تصريف نحو قاما
فقل يــــقوم ثم قل قياما
فما يجىء ثالثا فالمصدر
ونصـــــــبه بفعله مقدر
Apabila kamu hendak men-Nashrif misalnya lafadz Qaama maka ucapkan yaquumu ( fi’il mudlari’ ) kemudian ucapkan qiyaman ( masdarnya ), maka lafadz yang nomor urut tiga dinamakan masdar, sedangkan masdar dinashobkan oleh fi’ilnya yang dikira - kirakan
فان يوافق فعله الذى جرى
فى اللفظ والمعنى فلفظيا يرى
Apabila masdar sesuai dengan fi’ilnya didalam lafadz dan maknanya maka dinamakan masdar lafdzi
او وافق المعنى فقط وقد روى
بغير لفظ الفعل فهو معنوى
Atau sesuai maknanya saja yakni tidak sesuai dengan lafadz fi’ilnya maka dinamakan masdar maknawi
فقم قياما من قبيل الاول
وقم وقوفا من قبيل مايلى
maka ucapkanفقم قياماdari golongan pertama ( yakni masdar lafdzi )danوقم وقوفاdari golongan yang mendekati ( kedua yakni masdar maknawi )
باب الظرف
هو اسم وقت او مكان انتصب
كل على تقدير فى عبد العرب
Dhorof adalah nama bagi sebuah waktu atau tempat yang dibaca nashob yang semua dengan mengira ngirakan maknanya “ fi “menurut orang arab
اذااتى ظرف المكان مبهما
ومطلقا فى غيره فليعلما
Apabila menunjukan tempat yang disamarkan itu disebut dhorof makan dan dan selain ( baik yang mubham atau muhtash ) tu secara mutlaq bisa di terkib dhodof
والنصب بالفعل الذى به جرى
كسرت ميلا واعتكفت اشهرا
Dhorof dinashobkan oleh fiil yang maknanya berlaku pada dhorof tersebut seperti lafadz :سرت ميلاsaya berjalan 1 mil – dan lafadzاعتكفت اشهراsaya I’tikaf dalam satu bulan
او ليلة او يوما او سنينا
او مدة او جمعة اوحينا
Atau ( saya I;tikaf ) di malam hari atau ( saya I’tikaf ) disiang hari atau ( saya I’yikaf ) pada beberapa tahun atau sebagian masa atau satu jum’ah ( seminggu ) atau suatu masa
او قم صباحا اومساء او سحر
او غدوة اوبكرة الى السفر
Atau : berdirilah diwaktu pagi atau disore hari atau diwaktu sahur atau dipagi hari atau dipagi pagi benar sampai waktu bepergian
او ليلة الاثنين او يوم الاحد
اوصم غدا او سرمدا او الابد
Atau malam Senin atau hari Ahad atau puasalah padahari esok atau selamanya
واسم المكان نحو سر امامة
او خــــــــــلفه وراءه قدامه
Isim dhorof makan contohnya : berjalanlah didepanya atau dibelakangnya atau didepanya
يمينه شـــــــــــماله تلقاءه
او فــــــــوقه او تحته ازاءه
Disisi kananya atau disisi kirinya dihadapanya atau diatasnya atau di bawahnya atau dihadapanya
او معه او حذاءه او عنده
او دونه او قبله او بعده
Atau bersama dia atau disisinya atau didekatnya atau arah bawahnya atau sebelumnya atau sesudahnya
هناك ثم فرســــــــخا بريدا
وههنا قف موقف سعيدا
( berjalanlah )هناك:di sanaثم: di sana ( jarak ) satu pos( kira – kira 12.000 langkah ) satu barid ( = 4 pos ) dan di tempat ini diamlah pada tempat tinggal sebagai orang yang beruntung
باب الحال
الحال وصف ذو انتصاب اتى
مفســـــرا لمبهم الهيات
Hal adalah isim sifat yang dibaca nashob yang menjelaskan keadaan ( shohibul hal ) yang belum jelas
وانما يؤتى به منـــــــــكرا
وغالبا يؤتى به مؤخرا
Dan hal itu didatangkan berupa lafadz yang dinakirohkan dan umumnya hal didatangkan di akhirkan
كجاء زيد راكبا ملفوفا
وقد ضربت عبده مكتوفا
Seperti contoh :جاء زيد راكبا ملفوفا( zaid datang dengan berkendara dan berselimut ) dan contoh ( sungguh aku memukul hamba sahayanya zaid yang terikat )
وقد يجىء فى الكلام اولا
وقد يجىء جامدا مؤولا
Hal terkadang berada di awal kalam dan terkadang berupa isim jamid yang dita’wil ( dengan isim mustaq nya )
وصاحب الحال الذى تقررا
معرف وقد يجىء منكرا
Dan shohibul hal itu ditetapkan dari isim ma’rifat dan terkadang juga berupa isim nakiroh
باب التمييز
تعريفه اسم ذوانتصاب فسرا
لنسبة او ذات جنس قدرا
Definisi tamyiz adalah isim yang dibaca nashob yang menjelaskan nisbat atau dzat suatu jinis yang masih samar
كانصب زيد عرقا وقد علا
قدرا ولكن انت اعلى منزلا
Contoh = Zaid bercucuran keringatnya – Zaid tinggi derajadnya – tetapi lebih tinggi kamu derajatnya
وكااشتريت اربعا نعاجا
او اشتريت الف رطل ساجا
Saya membeli 4 ekor kambing – saya membeli seribu kati kayu jati
او بعـــــــــــته مكيلة ارزا
او قدرباع او ذراع خزا
Atau = saya menjual padanya satu takar beras – atau kira kira satu depa atau satu hasta sutera
وواجب التمييز ان ينكرا
وان يكون مطلقا مؤخرا
Tamyiz wajib di nakirohkan dan mutlak di akhirkan
باب الاستـــثــناء
اخرج به من الكلام ماخرج
من حكمه وكان فى اللفظ اندرج
Keluarkanlah ( kecualikan ) dengan huruf istisna’ dari kalam yang dikecualikan dari hukumnya dan itu termasuk pada lafadznya
ولفظ الاستثناالذى له حوى
الا وغير وسوى سوى سوا
Yang tergolong huruf istisna’ adalahالا وغير وسوى سوى سوا
خلا عدا حاشا فمع الا انصب
مااخرجت من ذى تمام موجب
خلا عدا حاشاmaka mustasna ( lafadz yang dikecualikan ) dengan perabotالاapabila dari kalam tam dan mujab maka wajib dibaca nasob
كقام كل القوم الا واحدا
وقد رايت القوم الا خالدا
Contoh :قام كل القوم الا واحدا( semua kaum berdiri kecuali satu orang )-وقد رايت القوم الا خالدا( saya telah melihat semua kaum kecuali zaid )
وان يكن من ذى تمام انتفى
فابدلن والنصب فيه ضعفا
Apabila mustasna ( denganالا) di dalam kalam yang tam dan manfi maka jadikanlah badal dari mustasna minhu atau dibaca nashob ( tarkib istisnaiyah ) tetapi hukumnya lemah
هذااذااستثنيته من جنسه
وما سواه حكمه بعكسه
Perincian tersebut apabila antara mustasna dan mustasna minhu itu sejenis ( Muttasil ) sedang selainya ( munqoti’ ) hukumnya sebaliknya
كلن يقوم القوم الا جعفر
والنصب فى الا بعيرا اكثر
Contoh :لن يقوم القوم الا جعفر( semua kaum tidak berdiri kecuali Ja’far ) sedang membaca nashob didalam lafadzالا بعيرا( istisna’ Munqoti’ ) itu hukumnya lebih banyak
وان يكن من ناقص فالا
قد الغيت والعامل استقلا
Apabila mustasna denganالاdi dalam kalam yang naqis makaالاhukumnya di ilgho’kan ( tidak beramal menashobkan ) dan amilnya sendiri yang langsung beramal
كلم يقم الا ابــــــوك اولا
ولا ارى الا اخـــــاك مقبلا
Contoh :لم يقم الا ابوك اولاtidak berdiri kecuali ayahmu -ولا ارى الا اخاك مقبلاtidak aku lihat kecuali saudaramu
وخفض مستثنى على الاطلاق
يجوز بعد السبعة البواقى
Mustasna yang jatuh setelah salah satu perabot istisna’ yang tujuh berikut ini secara mutlak boleh dibaca jer ( menjadi mudhof ilaih )
والنصب ايضا جائز لمن يشا
بما خلا وما عدا وما حشا
Dan bagi orang yang ingin membaca nashob juga boleh apabila jatuh setelah perabotما خلا وما عدا وما حشا
باب لا العاملة عمل ان
وحكم لا كحكم ان فى العمل
فانصب بها منكرا بهااتصل
Hukumnyaلاitu seperti hukumnyaانdidalam pengamalanya, maka nashobkanlah dengan memakaiلاpada isim nakiroh yang bertemu langsung denganلا
مضافا اومشابه المضاف
كلا غــــــــلام حاضر مكافى
Baik berupa mudhof atau serupa mudhof, contoh :لا غلام حاضر مكافى( tidak ada lelaki muda yang hadir yang sederajat
لكن اذا تكررت اجريتها
كذاك فى الاعمال او الغيتها
Tetapi jikaلاdi ulang ulang yang isimnya berupa mudhof atau sibeh mudhof maka hukumلاada dua wajah yaitu beramal atau tidak beramal ( ilgho’ )
وعند افراداسمها الزم البنا
مركـــــــــبا اورفعه منونا
Dan ketika isimnyaلاberupa isim mufrod ( bukan mudhof atau serupa mudhof ) maka dimabnikan seperti halnya terkeb (خمسة عشر) atau dibaca rofa’ dengan tanwin
كلا اخ ولا اب فانصب ابا
ايضا وان ترفع اخا لاتنصبا
Seperti lafadz :لا اخ ولا ابmaka juga bisa nashobkan lafadzابا( yang kedua ) dan apabila lafadzاخاkamu rofa’kan maka jangan menashobkan lafadzابا
وحيث عرفت اسمها او فصلا
فارفع ونون والتزم تكرارلا
Dan sekira kamu mema’rifatkan isimnyaلاatau dipisah( antaraلاdengan isimnya ) maka rofa’kanlah isimnya dan ditanwin sertaلاwajib diulang
كلا على حاضر ولا عمرو
ولالنا عــــــــــبد ولامايدخر
Sepertiلا على حاضر ولا عمرو( tidaklah Ali datang dan tidak pula umar itu datang ) -ولالنا عبد ولامايدخر( kita tidak punya budak dan juga tidak punya sesuatu yang disimpan )
باب النداء
خمس تنادى وهى مغرد علم
ومفرد منكر قصدا يؤم
Isim munada ada lima yaitu : mufrod ‘alam – mufrod nakiroh maqsudah
ومفرد منــــــــــــكر سواه
كذاالمضاف والذى ضهاه
Mufrod nakiroh ghoiru maqsudah – munada mudhof dan munada serupa mudhof
فالاولان فيهما البنا لزم
على الذى فى رفع كل قد علم
Dua munada yang awal ( mufrod alam dan nakiroh maqsudah )wajib dimabnikan sesuai tanda rofa’nya yang sudah diketahui
من غير تنوين على الاطلاق
والنصب فى الثلاثة البواقى
Yaitu tidak ditanwin secara mutlaq adapun 3 munada yang lain di baca nashob
كيا على ياغلامى بى انطلق
ياغافلا عن ذكر ربه افق
Contoh :يا على ياغلامى بى انطلق( Munada mufrod alam : Hai Ali )ياغلامى بى انطلق( Munada nakiroh maqsudah : Hai Pemuda pergilah denganku ) -
ياغافلا عن ذكر ربه افق(Munada nakiroh ghoiru maqsudah : Hai orang yang lupa tuhan-nya ! inagtlah )
ياكاشف البــلوى ويااهل الثنا
ويالطيفا بالعباد الطف بنا
ياكاشف البلوى ويااهل الثنا( Munada Mudhof : Hai dzat yang menghilangkan musibah ) – Hai ahli terpuji -ويالطيفا بالعباد الطف بنا( Munada serupa mudhof :hai dzat yang mengasihi para hamba-Nya, kasihanilah kami )
باب المفعول لاجله
والمصدر انصب ان اتى بيانا
لعلة الفعل الذى قد كانا
Nashobkanlah masdar yang didatangkan untuk menjelaskan sebab suatu pekerjaan yang dilakukan ( adalah definisi maf’ul liajlih )
وشرطه اتخاده مع عامله
فيما له من وقته وفاعله
Syaratnya maf’ul li ajlih adalah : antara masdar dan amilnya sama didalam waktunya dan sama didalam failnya
كقم لزيد اتـــــــــقاء شره
واقصد عليا ابتغاء بره
Contoh :قم لزيد اتقاء شره( berdirilah ( untuk hormat ) kepada Zaid karena menjaga keburukanya -واقصد عليا ابتغاء بره( menujulah kepada ali untuk mencari kebaikanyas
باب المفعول معه
تعريفه اسم بعد واو فسرا
من كان معه فعل غيره جرى
Definisi maf’ul ma’ah adalah : kalimah isim ( yang dibaca nashob ) yang terletak setelah wawu ( maiyah ) yang menjelaskan orang atau sesuatu yang pekerjaan orang lain itu bersamaan denga orang atau sesuatu tersebut
فانصبه بالفعل الذى به اصطحب
او شبه فعل كاستوى الماوالخشب
Nashobkanlah maf’ul ma’ah denagn fi’il yang menyertainya atau dengan lafadz yang menyerupai fi’il contoh:استوى الماوالخشب( air itu naik bersamaan kayu pengukurnya )
وكالامير قادم والعسكرا
ونحو سرت والامير للقرى
Contoh :الامير قادم والعسكرا( Raja itu datang bersamaan tentaranya ) –
سرت والامير للقرى( Saya berjalan bersamaan raja ke desa desa )
باب محفوضات الاسماء
خافضها ثلاثة انواع
الحرف والمضاف والاتباع
Yang mengejerkan kalimah isim ada 3yaitu : huruf jer – Mudhof – tabi’ lil majrur
اما الحروف ههنا فمن الى
باء وكاف فى ولام عن على
Adapun huruf jer di bab ini adalah :من- الى -باء -وكاف -فى-ولام -عن على
كذاك واو باوتاء فى الحلف
مذ منذ رب واو رب المنحذف
Demikian juga Wawu – Ba’ – Ta’ ( untuk sumpah )مذ منذdanواو ربyang dibuang
كسرت من مصر الى العراق
وجئت للمحبوب باشتياق
Contoh :سرت من مصر الى العراق( saya berjalan mulai negeri Mesir sampai negeri Iraq )جئت للمحبوب باشتياق( aku datang kepada kekasih dengan / sebab hati yang sangat gembira )
باب الاضافة
من المضاف اسقط التنوين
اونونه كاهــــــــلكم اهلونا
Buanglah tanwin atau nun-nya mudhof seperti contohاهلكم-اهلونا
واخفض به الاسم الذى له تلا
كقاتـــــلاغلام زيد قتلا
Jerkanlah dengan mudhof pada isim yang terletak setelahnya ( Mudhof ilaih ) contoh :قاتلاغلام زيد قتلا( dua orang yang membunuh anaknya Zaid telah dibunuh )
وهو على تقدير فى او لام
او من كمكر الليل او غلام
Terkib idhofah itu mengira ngirakan makna-nyaفى – لامatauمنcontoh :
مكر الليل او غلام( tipu daya ( di dalam ) waktu malam – atauغلام زيد( Pembantu ( milik ) zaid )
اوعبد زيد او انازجاج
اوثوب خزاوكباب ساج
Atau Hamba Sahaya ( Milik ) zaid – Tempat ( dari ) kaca – baju ( dari ) sutra – Pintu ( dari ) kayu Jati
وقد مضت احكام كل تابع
مبسوطة فى الاربع التوابع
Hukum Tabi’ Lil Matbu’ sudah lewat dijelaskan panhjang lebar di dalam empat isim yang mengikuti
فيا الهى الطف بنا فنتبع
سبل الرشاد والهدى فنرتفع
Ya Allah ya tuhanku, curahkanlah kasih sayang kepada kami sehingga kami dapat mengikuti petunjukjalan kebenaran yang bisa meninggikan derajat kami
وفى جمادى سادس السبعينا
بعد انتها تسع من المئينا
Pada bulan jumadi tsani yaitu bulan ke enam hijriyah tahun 970 H
قد تم نظم هذه المقدمة
فى ربع الف كافيا من احكمه
Sudah sempurnalah nadhom muqoddimah ini yang memuat seperempat ribu ( 250 ) yang sudah mencukupi bagi orang orang yang mempelajarinya dengan kokoh
نظم الفقير الشرف العمريطى
ذى العجز والتقصير والتفريط
Nadhomnya Al Faqir Syaih Syarafuddin Yahya Al Imrithi, Hamba Allah yang lemah – sembrono – dan melewati batas
والحمد لله مدى الدوام
على الجزيل الفضل والانعام
Segala puji selamanya bagi Allah atas anugrah dan nikmat-Nya yang agung
وافضل الصلاة والتسليم
على النبى المصطفى الكريم
Dan lebih utama sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan pada nabi terpilih dan yang mulia
محمد وصحبه والال
اهل التقى والعلم والكمال
Yaitu Nabi Muhammad dan para sahabat dan keluarganya, mereka itu orang orang yang bertaqwa, berilmu dan memiliki kesempurnaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar