Postingan dari ikhwan sebelah
Al-Imam Al-Qutb Abdul Wahhab As-Sya'rani yg masyhur dg karya monumental fiqih lintas madzhabnya _Al-Mizan Al-Kubro_ telah mengajari kita bagaimana cara menghormati para Habaib sebagaimana berikut :
Al-Imam Al-Qutb Abdul Wahhab As-Sya'rani yg masyhur dg karya monumental fiqih lintas madzhabnya _Al-Mizan Al-Kubro_ telah mengajari kita bagaimana cara menghormati para Habaib sebagaimana berikut :
اُخذ علينا العهود أن لا نرى أنفسنا قطّ على شريف، ولا نتزوج له مطلقةً ولو فلاناً، وإن كان مباحاً في الشرع، فلنا ترك المباح
وهذا الأدب علينا لو كان الشريف جاهلاً، فضلاً عن كونه عالماً، فلا نرى قطّ أنفسنا عليه بعلم ولا عمل ولا صلاح، وكذلك لا نأخذ قطّ العهد على شريف؛ لأنّ ذلك يصير تحت حكمنا وخدمتنا
وقال أيضاً: وكذلك ينبغي أن لا نفتح الذكر في مجلس فيه شريف، ولو كان أصغر منّا سنّاً بل نأمره، و إذا أبى نسأل من فضله أن يستفتح بالجماعة تبركاً ببضعة رسول اللّه صلى الله عليه وآله
واذا كان الشريف غلاماً يخدم الناس، فلا ينبغي لأحد أن يستخدمه، ولو كان شيخ مشائخ في العرف، فإنه لو كان معه أدب ما استخدم شريفاً، ولا مكّنه أن يمشي خلف دابّته، ولا أن يحمل غاشية سرجه، ولا أن يحمل سجّادته، ولقلّة أدب هؤلاء حرموا الترقي.
وكذلك إذا دعينا إلى وليمة لا نجلس بصفة عالية، أو فرش نفيس، حتّى ننظر يميناً وشمالاً، هل ثمّ أحد من الشرفاء خوفاً أن نجلس في مرتبة فوقه، فإن كان هناك شريف وعزم علينابالجلوس على تلك الرّتبة، جلسنا امتثالاً لأمره
_Kita telah diikat dg janji untuk tidak melihat diri kita (lebih baik) dari seorang Syarif (Habib) dan tidak menikahi perempuan yg diceraikan olehnya walaupun ia (perempuan tersebut) dari kalangan biasa (bukan bangsa Habib) walaupun hal ini boleh menurut agama kita dianjurkan untuk meninggalkannya._
_Adab ini harus kita lakukan jika sang habib tidak alim apalagi jika Ia alim, maka sama sekali kita tidak boleh merasa lebih baik ilmunya, amalnya dan kesalehannya dari sang Habib. Begitupun kita dilarang mengikat sang habib dg janji yg akan membuatnya ada didalam kekuasaan kita (menjadi khadim kita)._
_Selain itu dianjurkan bagi kita untuk tidak membuka acara dzikiran didalam majlis yg ada habib-nya walaupun lebih muda dari kita, bahkan kita harus memintanya untuk membuka acara tersebut. Jika Beliau tidak berkenan maka kita minta agar Beliau membuka acara secara berjamaah, hal ini demi mendapat barokah dari bagian tubuh agung Baginda Rasulillah SAW._
_Andaikan sang habib adalah seorang budak maka tidak pantas bagi siapapun menjadikannya sebagai pembantu walaupun ia sudah tergolong Masyayikh karena jika ia punya akhlaq yg luhur tidak mungkin ia memperbantukan seorang Habib, membolehkannya berjalan dibelakang untanya, membawa peralatan tunggangannya dan sejadahnya. Karena kurangnya Akhlaq mereka kepada para habaib mereka dihalang-halangi untuk mendapat derajat yg tinggi._
_Begitu pula jika kita diundang kesebuah acara walimah, kita dilarang duduk ditempat yang tinggi dan permadani yg indah sebelum menoleh kanan kiri siapa tahu ditempat itu ada salah seorang Habib. Hal ini agar kita tidak berada ditempat yg lebih tinggi dari tempat yg diduduki para habaib kecuali jika Beliau yg memerintahkan kita untuk duduk ditempat itu._ [Al-Habib Syihabuddin Al-Alawi Al-Hadramy, _Rosyfatus Shodi Min Bahri Fadloili Banin Nabi Al-Hadi,_ hal. 165-170 cet. DKI].
Subhanallah... betapa hal ini adalah sebuah tuntunan akhlaq yg sangat agung dari para Ulama kepada kita semua dalam memposisikan keluarga Baginda Rasulillah SAW yg jarang digubris oleh sebagian kaum muslimin.
Yang lebih aneh lagi adalah mereka yg membanggakan sanad keilmuan yg tersambung dg Ulama Nusantara seperti Syekh Nawawi Al-Bantani namun wejangannya tidak mereka ikuti.
Kita mesti tahu bahwa Syekh Nawawi Al-Bantani yg kita banggakan sangat menaruh hormat pada para Habaib?.
Dalam salah satu kitabnya yg beredar luas di seluruh Pesantren di Nusantara, Beliau mengutip pernyataan seorang mufassir terkenal, Ibnul Aroby sebagai bukti kecintaan Beliau kepada cucu keturunan Baginda Rasulillah SAW. Berikut ini kutipan Beliau :
قال ابن العربي : وينبغي لكل مسلم أن يعتقد أن جميع ما يصدر من أهل البيت قد عفا الله عنهم فيه - وليس لنا ذم أحد فكيف بأهل البيت
فقد أخبرني الثقة عندي بمكة قال : كنت أكره ما يفعله الشرفاء بمكة فى الناس فرأيت فى النوم فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم وهي معرضة عني فسلمت عليها وسألتها عن إعراضها فقالت : إنك تقع فى الشرفاء فقلت لها : يا سيدتي أما ترين ما يفعلون فى الناس ؟ فقالت : أليس هم أبنائي ؟ فقلت لها : من الآن تبت ، فأقبلت علي فاستيقظت
_Berkata Al-Imam Ibnul Aroby : Dianjurkan bagi setiap Muslim untuk meyakini bahwa semua apa yg dilakukan oleh Ahlul Bait telah diampuni oleh Allah SWT, kita dilarang mencela siapapun apalagi Ahlul Bait._
_Telah bercerita kepadaku seseorang yang aku percaya dikota mekah bahwa ia benci terhadap kelakuan para Syurofa' (Habaib pada masa itu) terhadap orang lain. Eh dalam mimpi aku melihat Sayyidah Fatimah, Putri Baginda Rasulillah SAW berpaling dariku, aku memanggil salam kepada Beliau dan bertanya mengapa Beliau berpaling dari aku ? Beliau menjawab : Kau telah mencegah para Syurofa', Aku berkata : Apakah tidak melihat apa yg mereka lakukan Terhadap orang-orang ? Beliau menjawab lagi : Apa (jika begitu) mereka bukan anak-anakku ? Aku berkata : Saya tobat sekarang, (mendengar jawabanku) Beliau menghadapkan wajahnya ke arahku dan kemudian aku terbangun dari tidurku._ [Syekh Nawawi Al-Bantani dalam _Qomi'ut Thughyan Syarah Mandhumah Syuabil Iman,_ hal. 23]
Dari cerita Syekh Nawawi Al-Bantani, Sang Kakek Guru dari Pendiri NU, Khadrotus Syekh Hasyim Asy'ari di atas dapat disimpulkan bahwa kita harus menghormati dan memuliakan para Habaib, cucu keturunan Baginda Rasulillah SAW bagaimanapun keadaannya apalagi para Habaib yg keilmuan dan keluhuran akhlaknya diakui dunia seperti para habaib yg datang dari Hadramaut.
Juga, kita saksikan dan kita dengar sendiri bagaimana penghormatan para masyayikh PP. Sidogiri terhadap dzurriyah Rasulillah Saw.
Semoga kita semua dikumpulkan dalam panji Baginda Rasulillah Saw di mahsyar kelak berkat mencintai para anak cucu beliau. Amin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar