3 Hal yang perlu di ketahui sebelum berpuasa di bulan suci romadhan

·   
  Syarat wajibnya puasa ada 3
1.    Islam
Syarat pertama untuk di terimanya puasa adalah masuk islam ,banyak agama lain yang menganjurkan puasa selain agama islam sepeti puasanya yahudi dll akan tetapi tidak di terima pahalanya disisi Allah SWT.
2.    Baligh
Yaitu orang yang sudah berumur 15 tahun tahun atau Sembilan tahun keatas dan sudah keluar mani dan haid.akan tetapi di anjurkan bagi orang tua untuk membingbing putra putrinya untuk terbiasa puasa sebelum baligh walaupun hanya dengan istilah puasa dhuhuran .supaya ketika si anak sudah baligh akan terbiasa untuk berpuasa di bulan suci Ramadhan

3.    Berakal
Kendatipun sudah dewasa akan tetapi hilang akal semisal gila,gagar otak,dalam pandangan Islam orang yang mukallaf yang di haruskan untuk melaksankan ysiat Allah harus ada dua unsur yaitu berakal dan baligh jika ada seseorang yang tidak mempunyai criteria tersebut maka tidak di kenai kewajiban Syariah dan apabila meninggal maka termasuk dari ahli surga.
4.    Mampu untuk berpuasa
Puasa tidak di wajibkan bagi orang yang tidak mampu karna usia lanjut dan tidak ada harapan untuk bisa puasa lagi menurut dokter .akan tetapi setiap hari di bulan ramadhan  wajib membayar satu mud (satu genggam)beras dan di kasihkan kepada fakir miskin.
·      Fardhunya puasa ada 4
1.    Niat
Niat lengkapnya adalah
نويت صوم غد عن اداء فرض شهر رمضان هذه السنة كلها فرضا لله تعالي
Artinya niat saya akan berpuasa besok untuk menunaikan kewajiban bulan romadhan di tahun ini fardhu karna Allah SWT.
Niat di atas harus di baca dalam hati apabila tidak di baca dalam hati maka tidak sah niatnya dan otomatis tidak sah puasanya .karna tempatnya niat adalah di hati.
2.    Menjaga dari makan dan minum hingga terbenamnya mathari

3.    Menjaga dari jima’ hingga terbenamnya mathari
Tidak hanya itu kendatipun rokok tidak di katagorikan makan ataupun minum akan tetapi sepakat para ulama bahwa puasa membatalkan puasa .
4.    Muntah dengan di sengaja
Berbeda dengan muntah karan bawaan seperti perjalan ke gunung yang jalannya lenggak lenggok hingga muntah .maka tidak membatalkan puasa .
·      Batalnya puasa ada ada 10
1.    Sesuatu yang masuk kedalam lambung ,
2.    Sesuatu yang masuk kedalam kepala
3.    Memsukkan obat tradisinol kedalam lubang kemaluan
Begitu juga dengan infuse yang terjadi zaman sekarang
Adapun suntik maka tidak membatlakn puasa karna jarumnya bukan masuk ke urat yang menuju lambung .wallohu A’lam
4.    Muntah dengan di sengaja
5.    Jima’ dengan di sengaja
6.    Keluar mani dengan menyentuh langsung (walaupun tidak berjima’)
7.    Haidh
8.    Nifas
9.    Gila atau penyakit Ayan pada semua  siangnya
10.Murtad
·      Sunnah puasa ada 3
1.    Menyegerakan berbuka puasa
Pertama kali yang di makan yang paling afdhol adalah kurma ,kemudian Air kemudian makanan atau minuman yang manis .
2.    Mengakhirkan Shahur
Adapun istilah imsak yang ada di Indonesia adalah  peringatan agar tidak makan pada waktu itu di sebabkan karna dekatnya adzan subuh.merupakan nasehat baik yang bagus untuk di lestarikan sebagaimana pendapat Habib Zein bin Smith.
3.    Dan meninggalkan perkataan yang tidak baik dan keji
Karna perkataan tersebut bisa menghilangkan pahala puasa .

وشرائط وجوب الصيام أربعة أشياء الإسلام والبلوغ والعقل والقدرة على الصوم, وفرائض الصوم أربعة أشياء النية والإمساك عن الأكل والشرب والجماع وتعمد القيء, والذي يفطر به الصائم عشرة أشياء: ما وصل عمدا إلى الجوف أو الرأس والحقنة في أحد السبيلين والقيء عمدا والوطء عمدا في الفرج والإنزال عن مباشرة والحيض والنفاس والجنون والإغماء كل اليوم والردة, ويستحب في الصوم ثلاثة أشياء تعجيل الفطر وتأخير السحور وترك الهجر من الكلام

Tidak ada komentar:

Posting Komentar