QUNUT DALAM PANDANGAN ULAMA’ MADZHAB



Qunut sholat subuh
Imam Syafii berpendapat bahwa Qunut di baca Pada Rokaat kedua Sholat Shubuh begitu juga pendapat Imam Malik ,Awza’I ,Ibnu Abi Laila,Hasan Bin Sholeh ,dan Kholifah Empat begitu juga Anas .
Sebagaimana di riwayatkan Sahabat Anas bin Malik RA
وفي رواية عن أنس: «ما زال رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يقنت في صلاة الصبح، حتى فارق الدنيا» . أخرجه الدارقطني
.
Rosululloh SAW tidak  pernah meninggalkan Qunut Sholat Subuh hingga berpisah dari Dunia.(HR Daruqutni)
ما روى أبو داود في " سننه "، «عن أنس: أنه سئل: هل كان رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يقنت في الصبح؟ قال: نعم، فقيل له: قبل الركوع، أو بعده؟ فقال: بل بعد الركوع» .

Anas di Tanya “apakah Rosululloh SAW membaca Qunut pada Sholat Subuh?Anas berkata “ia ,kemudian ditanya apakah sebelum ruku’ atau setelahnya? Anas berkata “ setelah Ruku’”
Adpaun Pendapat Imam Abu Hanifah dan At TSauri Mengatakan tidak  di anjurkan waktu Sholat Subuh sebagaimana Pendapat Ibnu Abbas,Ibnu Umar ,Ibnu Mas’ud dan Abu Darda’
Adapun Pendapat Imam Ahmad Bin Hanbal adalah Sunnah jika Pemimpin Mengirim Pasukan perang adapun jika sekembalinya pasukan maka tidak mengapa untuk Qunut pada Sholat Subuh.
Adpaun bacaanya adalah delapan  doa yang di ambil dari Rosululloh SAW yaitu
اللهم اهدني فيمن هديت، وعافني فيمن عافيت، وتولني فيمن توليت، وبارك لي فيما أعطيت، وقني شر ما قضيت، فإنك تقضي ولا يقضى عليك، إنه لا يذل من واليت، تباركت وتعاليت» ؛
Sebagaimana riwayat dari Hasan bin Ali dari Ali bin Abi Tolib bahwa Rosululloh mengajarkan kepada saya kalimat yang untuk di baca pada Sholat witir yaitu yang telah di sebutkan .
Para Ulama’ juga menambahkan
: ولا يعز من عاديت، تباركت ربنا وتعاليت، فلك الحمد على ما قضيت، أستغفرك وأتوب إليك.
Dan di sunnah ber Sholawat kepada Nabi Sebagiamana diriwayatkan dari Hasan bin Ali
ويستحب أن يصلي على النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - بعد القنوت؛ لما روي في حديث الحسن: «أن النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قال: تباركت وتعاليت، وصلى الله على النبي وسلم»
Kalau menjadi Imam maka ya’ mutakallim diganti dengan
اللهم اهدنا. . . إلى آخره
Dan di sunnahkan untuk mengagkat tangan menurut jumhur ulama ‘ syafiiyah kecuali pendapat Abu Ishaq
 Adapaun Qunut Imam malik menggunakan doa yang lain dari Imam Syafi’I yakni

اللهم إنا نستعينك، ونستغفرك، ولا نكفرك، ونؤمن بك، ونخلع من يفجرك - أي: يعصيك، ويخالفك - اللهم إياك نعبد، ولك نصلي ونسجد، وإليك نسعى ونحفد، نرجو رحمتك، ونخشى عذابك الجد، إن عذابك بالكفار ملحق. اللهم عذِّب الكفرة كفرة أهل الكتاب، الذين يصدون عن سبيلك، ويكذبون رسلك، ويقاتلون أولياءك. اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات، والمسلمين والمسلمات، وأصلح ذات بينهم، وألف بين قلوبهم، واجعل في قلوبهم الإيمان والحكمة، وثبتهم على ملة رسولك، وأوزعهم أن يوفوا بعهدك الذي عاهدتهم عليه، وانصرهم على عدوك وعدوهم: إله الحق، واجعلنا منهم) .
Qunut Nazilah
Jika di dalam daerah terjadi sesuatu yang menggentingkan maka di sunnahkan untuk membaca doa Qunut setip Sholat lima waktu sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Huroiroh
وأما سائر الصلوات غير الصبح: فإن نزل بالمسلمين نازلة. . جاز القنوت فيها؛ لما روى أبو هريرة: «أن النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كان لا يقنت، إلا أن يدعو لأحد، أو يدعو على أحد» .
Adapaun Jika tidak ada sesuatu yng menngentingkan maka tidak di sunnahkan kecuali pendapat Imam Ghozali .

Qunut witir
Imam Syafii dan Imam Malik Sepakat bahwa Qunut yang di sunnahkan dalam Sholat witir yaitu qunut padamalam  tanggal 15 Romadhon samapai Akhir Romadhon.
ودليلنا: إجماع الصحابة، وذلك أن عمر - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ -: (جمع الناس على أبي بن كعب، فكان يلي بهم التراويح عشرين ليلة، ولا يقنت إلا في النصف الثاني، ثم ينفرد في بيته، فيقال: أبق أبي) ، وهذا بمحضر من الصحابة، ولم ينكر عليه أحد.
Adapaun Abu Hanifah dan Imam Ahmad dan juga Abi Abdillah Az Zuabiri dari Ulama’ Syaifi’iyah  berpendapat di sunnah membaca Qunut di  Setiap Sholat Witir.
وقال أبو حنيفة، وأحمد: (يستحب القنوت في الوتر في جميع السنة) ، وبه قال أبو عبد الله الزبيري من أصحابنا؛ لما روى أبي بن كعب: «أن النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كان يوتر بثلاث ركعات، ويقنت قبل الركوع» .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar