Abul Hasan Asy'ari




Nama lengkapnya adalah Ali bin Ismail bin Ishaq bin Salim bin Ismail bin Abdillah bin Musa bin Bilal bin Abi Burdah bin Abi Musa Al As’ari di beri gelar Al Allamah Imamul mutakallimin (siyaru a’lamin nubala’) dan beri Gelar Imamu Madzhabil Masyhur (Al Kamil fit tarikh).
Beliau berguru kepada Abi Kholifah Al Jumahi ,Abi Ali Al Jubba’I ,Zakariyya As Saji ,Sahl bin Nuh Dll.
Al Ustadz Abu Ishaq al isfiraiini berkata”saya ada di hadapan Abul Hasan Al Bahili bagaikan buih di lautan sedangkan Abul Hasan Al Bahili pernah berkata kepadaku “saya di hadapan Abul Hasan Al Asy’ari bagaikan buih di lautan”.

Adz Dzahabi berkata:Beliau seorang  cendikiyawan yang sangat dalam keilmuannya dan mempunyai kecerdasan yang luar biasa ,setelah beliau Insyaf dari paham mu’tazilah beliau bertaubat kepada Allah dan terang terangan Naik di atas mimbar seraya berkata “barang siapa yang kenal aku maka itulah aku dan barang siapa yang tidak kenal aku sayalah Isamil bin Ishaq saya yang mengatakan Al Quran adalah Makhluq,Allah tidak bisa di lihat oleh mata,dan perbebuatan jelek adalah saya yang melakukannya maka dengarkanlah para hadirin saya sekarang bertaubat kepada Allah atas semua ucapan saya  dan keluar dari aqidah  mu’tazilah yang menyesatkan ” .
Setelah pengakuannya banyak dari pembesar mu’tazilah berdebat dengan Abul Hasan akan tetapi tidak ada satupun dari mereka yang bisa mengalahkan hujjahnya Abul Hasan Al Asy’ari.
Ibnu taimiyah dalam fatawinya berkata mengenai Al Imam Asy’ari :Al Asy’ariyyun Ansorul ummah (para As’ariyyun adalah penolong Ummat Muhammad)
Al Baqillani berkata: sebaik baik ilmuku adalah memahami ilmunya Abul Hasan Al As’ari.
Ketika Abul  Hasan Al As’ari sakit  mendekati ajalnya beliau memanggil Zahir bin Ahmad As Sarokhsyi dan berkata “saksikanlah bahwa aku tidak mengkafirkan salah satu dari golongan ahli kiblat karna semuanya mengarah kepada Tuhan yang satu dan perbedaan ini karna tidak samanya ibarat.Addzahabi juga mendengar bahwa Ibnu taimiyah menjelang wafatnya berkata “saya tidak pernah mengkafirkan satupun dari ummat Muhammadiyah”
Al Hafidz Abu Muhammad bin Hazm berkata “ Abul Hasan Al Asy’ari mengarang 505 kitab .diantara adalah kitab Al ibanah ,jumallul maqollat,allam’,al Mujiz,Farqul Islamiyyiin wal Musholliyyin,Tabyiini kidzbil muftarii Dll.
Murid Abul Hasan al Asy’ari adalah :Ibnu MUjahid ,Zahir,Abul Hasan al Bahili,Abul Hasan Abdul Aziz bin Muhammad bin Ishaq At Tobari,Abu Hasan Ali bin Muhammad bin Mahdi at Tobary.Abu ja’far Al Asy’ary an Naqqos,Bundar bin Al Husain As Sufi
Adapun pengikut As’ary merupakan para pembesar ulama’ dari masa ke masa beliau adalah
1. Syaikh al-Sunnah, Imam al-Mutakallimin Abu al-Hasan al-Asy'ari (270-330 H/883-947 M).
2. Syaikh al-Mutakallimin Abu al-Hasan al-Bahili.
3. Ruknuddin al-Ustadz Abu Ishaq al-Asfarayini (w. 418 H/1027 M). Pengarang al-Jami' fi Ushul al-Din wa al-Radd 'ala al-Mulhidin.
4. Al-Ustadz Abu al-Qasim Abdul Jabbar bin Ali bin Muhammad bin Haskan al-Asfarayini al-Iskaf (w. 452 H/1034 M).
5. Imam al-Haramain Dhiyauddin Abu al-Ma'ali Abdul Malik bin Abdullah al-Juwaini (419-478 H/1028-1085 M).
6. Abu al-Qasim Salman bin Nashir bin Imran al-Anshari al-Arghiyani (w. 512 H/1118 M). Pengarang Syarh al-Irsyad ila Qawathi' al-Adillah fi Ushul al-I'tiqad.
7. Dhiyauddin Umar bin al-Husain al-Razi (hidup sebelum 559 H/1164 M). Pengarang Syarh al-Irsyad ila Qawathi' al-Adillah fi Ushul al-I'tiqad.
8.
Fakhruddin Muhammad bin Umar al-Razi (544-606 H/1150-1210 M).
9. Syarafuddin Abu Bakar Muhammad bin Muhammad al-Harawi.
10. Al-Qadhi Abu Bakar Muhammad bin Abdullah al-Taftazani.
11. Al-Hafizh Sirajuddin Umar bin Ali al-Qazwini (683-750 H/1284-1349 M).
12. Majduddin Abu Thahir Muhammad bin Ya'qub al-Lughawi al-Syirazi al-Fairuzabadi (729-817 H/1329-1415 M).
13. Al-Hafizh Taqiyyuddin Muhammad bin Muhammad bin Fahad al-Makki al-Syafi'i al-'Alawi al-Hasyimi (787-871 H/1385-1466 M).
14. Syaikh al-Islam, Qadhi al-Qudhat Zainuddin Abu Yahya Zakariya bin Muhammad al-Anshari (826-926 H/1423-1520 M). Pengarang Ihkam al-Dilalah 'ala Tahrir al-Risalah dan Fath al-Ilah al-Majid bi-Idhah Syarh al-'Aqaid.
15. Syamsuddin Muhammad bin Ahmad al-Ramli (919-1004 H/1513-1596 M).
16. Ahmad bin Muhammad al-Ghunaimi (964-1044 H/1557-1634 M).
17. Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin al-'Ala' al-Babili al-Syafi'i al-Azhari (1000-1077 H/1591-1666 M).
18. Abdullah bin Salim al-Bashri al-Makki al-Syafi'i (1048-1134 H/1638-1722 M).
19. Salim bin Abdullah al-Bashri al-Syafi'i (w. 1160 H/1747 M).
20. Syamsuddin Muhammad bin Muhammad al-Dafari al-Syafi'i (w. setelah 1161 H/ M).
21. Isa bin Ahmad al-Barawi al-Zubairi al-Syafi'i (w. 1182 H/1768 M). Pengarang Hasyiyah 'ala Syarh Jauharat al-Tauhid karya al-Laqqani.
22. Muhammad bin Ali al-Syanawani al-Syafi'i (w. 1233 H/1818 M). Pengarang Hasyiyah 'ala Syarh Jauharat al-Tauhid karya al-Laqqani.
23. Utsman bin Hasan al-Dimyathi.
24. Sayid Ahmad bin Zaini Dahlan (1231-1304 H/1816-1886 M).
25. Sayid Abu Bakar Utsman bin Muhammad Syatha al-Dimyathi al-Husaini al-Syafi'i (w. 1310 H/1892 M).
26. Muhammad Mahfuzh bin Abdullah al-Tarmasi (1285-1338 H/1868-1920 M).
27. Para ulama Tanah Air, seperti KH. Moh. Hasyim Asy'ari Jombang, KH. Nawawi bin Nur Hasan Pasuruan, KH. Muhammad Baqir Yogyakarta, KH. Abdul Wahhab Hasbullah Jombang, KH. Baidhawi bin Abdul Aziz Lasem, KH. Ma'shum bin Ahmad Lasem, KH. Muhammad Dimyathi Termas, KH. Shiddiq bin Abdullah Jember, KH. Muhammad Faqih bin Abdul Jabbar Maskumambang, KH. Abbas Buntet Cirebon dan lain-lain.
Beliau wafat tahun 314 hijriyah RA. Beliau di makamkan dan di makamkan di samping masjid desa Rawaya di tempat kelahirannya kota dajlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar