Biografi Imam As Sayfi'i RA

A.       Kelahiran sang mujaddid kedua
من يجدد المة فى أمر دينها : يبعث الله على رأس كل مأة سنة  
Allah mengutus pada setiap kurun 100 tahun orang yang memperaui pemikiran ummat di dalam masalah agama.
Imam Ahmad bin Hanbal dan ‘Uqbah berkata:imam Syafi’I adalah mujaddid kedua setelah Umar bin Abdul Aziz.Imam Syafi’i lahir tahun 150 H (767 masehi)dimana pada tahun ini pula Imam Abu hanifah RA wafat.Nama imam Syaif’i adalah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi’ bin Tsa’ib bin Ubaid bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Abdul Muttolib bin Hasyim bin Abdu Manaf. Syafi’ dan Tsa’ib adalah sahabat yang hidup dizaman Rosululloh SAW dalam keadaan islam
Orang tua imam Syafii adalah penduduk asli kota makkah,mereka pergi merantau ke kota gaza irak ingin mengubah perekenomian keluarganya yang fakir miskin .di kota gaza imam Syafii di lahirkan disini pula kakek Nabi Muhammad SAW sayyid Hasyim di kebumikan dan setelah umur 2 tahun imam Syafi’I di tanggal wafat oleh ayahandanya sehingga dia menjadi yatim dan hidup bersama ibunya yaitu Ummu Habibah di negeri asing.
B.        KETEGUHAN SEORANG IBU
Dan tuhanmu memberikan kepastian agar tidak menyembah kecuali kepadanya dan berbuat baiklah dengan kedua orang tua dengan sebaik baiknya.
جاء رجل إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال : يا رسول الله ، من أحق الناس بحسن صحابتي ؟ قال : ( أمك ) . قال : ثم من ؟ قال : ( ثم أمك ) . قال
 : ثم من ؟ قال : ( ثم أمك ) . قال : ثم من ؟ قال : ( ثم أبوك
Datang seseorang kepada Nabi Muhammad SAW dan berkata:wahai Rosululloh sipakah orang yang lebih berhak bagiku untuk berbuat baik ?Nabi menjawab ibumu ,ibumu,ibumu kemudian ayahmu(muttafaq alaih)
      Setelah yah Imam Syafii wafat ibunyakembali lagi ke kota mekkah mukarromah tempat asal tinggalnya.i bunya menitipkan imam Syafii untuk belajar tajwid dan Al qur’an di madrasah Makkah mukarromah,suatu hari imam syafi’I menangis sepulang dari madrasah dia berlari kepada ibunya dan berkata sambil menangis“ibu aku tidak mau sekolah lagi ,guruku tidak memperdulikanku karna aku seorang miskin dan tidak bisa membayar uang madrasah”tangis imam syafi’I kepada ibunya .ibu imam Syafi’I tidak putus asa atas perlakuan sang ustadz dan memberikan semangat serta membesarkan jiwa Syafi’I dengan berkata”itu sudah hal biasa anakku,aku punya cara agar kamu bisa mendapatkan ilmu bergaullah kamu dengan anak orang kaya dan belajarlah di sampingnya sehingga kamu bisa menangkap ilmu dari gurumu ketika mengajar anak orang kaya ”selang beberapa bulan imam Syafii sudah bisa menguasai semua yang di sampaikan gurunya bahkan ketika gurunya tidak ada imam syafii yang menggantikan gurunya untuk mengajar kepada teman sekelasnya sehingga gurunya menaruh perhatian yang besar kepadanya dan membebaskan iuran bulanannya.tidak sampai disini syafii kecil sudah bisa menghafal alqur’an dalam umur 7 tahun bahkan bacaan Alqurannya membuat orang yang mendengar di sekitarnya menangis.
C.Menulis diatas tulang belulang
Nun(hanya Allah yang maha tahu ma’nanya)demi pena dan apa yang mereka tulis.
العِلمُ صَيدٌ والكِتابةُ قَيدُهُ -- قَيِّدْ صيودكَ بالحِبالِ الواثِقَة
فَمِن الحَماقَةِ أَنْ تَصيدَ غَزالَةً -- وتَترُكها بَينَ الخَلائقِ طالِقةَ
Ilmu itu liar dan tulisan adalah talinya .talikan hewan liarmu dengan tali yang kuat
Termasuk sebuah kebodohan orang yang memburu kijang kemudian di tinggal di antara gerombolan makhluq secara bebas.
  Ketika imam Syafi’I sudah beranjak remaja ketertarikannya kepada ilmu agama semakin bertamabah ,Beliau belajar tafsir kepada Sufyan bin ‘uyainah,hadits kepada Muslim bin Khalid, sehingga di umur 13 tahun belaiu sudah hafal tafsir para ulama’  pada masanya dan juga sudah hafal ribuan hadits nabi Muhammad SAW.kekurangan ekonomi tak menghalangi syafi’I untuk memperluas ke ilmuannya ,Syaf’ii mengumpulkan arsip tafsir dan haditsnya dengan   mencari kertas bekas dari perpustakaan dan dari bekas kertas yang tidak terpakai oleh orang orang  kaya mekkah bahkan ketika syafi’i kecil kehabisan kertas beliau mengumpulkan tulang belulang unta yang lebar untuk menulis .tidak sedikit orang yang tidak senang dengan imam Syafii tapi imam Syafii tidak mempedulikannya.
إذا نطق السفيه فلا تجبه .. فخير من إجابته السكوت
فإن كلمته فرجت عنه .. وإن خليته كمدا يموت
Apabila orang bodoh bertanya kepadamu maka janganlah kamu menjawab
Sebaik baiknya jawaban bagi mereka adalah diam
Jika kamu menjawab maka kamu memberikan peluang menang kepadanya
Jika kamu mengabaikan maka dia akan mati kutu.

D.Sang ahli syair dan Sang jago panah yang tak pernah meleset
ولولا الشعر بالعلماء يزري لكنت اليوم اشعر من لبيد
Andaikan para ulama’ bersyair tidak dosa maka aku sekarang ini lebih mahir dari pada lubaid(penyair yang paling terkenal)
علموا أبناءكم السباحة والرمي والمرأة المغزل
Ajarkanlah anak kalian semua berenang dan memanah dan ajarilah perempuan bertenun.

        Saat Imam Syafii duduk di masjidil haram ,beliau berjumpa dengan Al laits bin Sa’id  salah satu ulama’ dari mesir untuk  berziarah ke mekkah mukarromah .ketika Laits bin said memberi tausiyah di masjdil haram Imam Syafii menyempatkan dirinya untuk mendengar tausiahnya “sesungguhnya yang menyebabkan ikhtilaf di dalam ummat islam adalah perbedaan pendapatnya di dalam ilmu lughat (bahasa) dan ilmu lughot yang terpelihara hanya ada di padang sahara yaitu di tempat suku hudzail .
Mendengar mauidhoh yang disampaikan oleh Laits bin Said imam Syafii bergegas menuju ibunya dan meminta restu untuk belajar di suku hudzail melihat ke semangatan dan keseriusannya akhirnya ibunya merestuinya untuk pergi ke suku hudzail memperdalam ilmu etmologi(bahasa) .
Imam Syafii berkata: saya berada di suku hudzail selama empat tahun ,tujuan utama saya hanya dua yaitu ilmu bahasa dan memanah.selama saya berada disuku  Hudzail saya hafal 10 000 ribu bait dari ahli syiir arab dan handal dalam memanah sehingga jika saya memanah 10kali maka semuanya tepat mengenai sasarannya.
Syafi’i juga sangat cerdas di atas rata rata umumnya sehingga jika ingin membuka kitab hafalannya maka dia menutup halaman sebelahnya agar tidak ikut terbaca sehingga hafal seblum membaca. suatu saat dia cemas karna daya hafalannya dia meminta nasehat kepada temannya Waqi’ tentang lemahnya hafalannya ,waqi’ berkata :
شكوت الى وكيع سوء حفظي  وانشدنى الى ترك المعاصى
وأخبرنى بأن العلم نور  ونور اللهلا يهدى للعاصى
Saya mengadu kepada waki’ tentang lemahnya hafalanku.dia mengingatkan kepadaku untuk meninggalkan ma’siat.
Dia mengatakan sesungguhnya ilmu itu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak bisa di peroleh oleh orang yang yang ahli ma’siat.
      Setelah empat tahun di suku Hudzail syafi’I  pulang ke mekkah untuk bertemu dengan ibunya satu satunya orang yang dia sayangi .imam Syafii kembali belajar lagi di mekkah dengan keluasannya dalam bidang bahasa dan ansab(sejarah )Syafii menjadi orang nomor satu di kota mekkah bahkan Muslim bin Khalid mufti mekkah menyuruh Syafii untuk menjadi mufti di kota mekkah al mukarromah tetapi beliau menolak dan masih ingin belajar lebih jauh lagi.
 E.Meminum ilmunya Al Imam Malik bin Anas
Katakan Muhammad andaikan lautan itu adalah tinta untuk menulis kalimat tuhanku maka niscaya habis lautan itu sebelum kalimat tuhanku selesai walaupun di datangkan sebuah lautan lagi.
منهومان لا يشبعان منهوم في علم لا يشبع ، ومنهوم في دنيا لا يشبع
Dua orang haus yang tidak ada puasnya yaitu haus akan ilmu (dalam ke ilmuannya) dan haus akan dunia (dalam segala isinya)
     Walaupun kondisi ekonomi ibu Syafii sulit namun Kesadarannya yang tinggi dalam dunia pendidikan membuat sang ibu rela menggadaikan rumah satu satu nya untuk membekali sang anak untuk menuntut ilmu kepada Imam daril hijrah Malik bin anas ulama’ yang tiada duanya di kota Madinah Al munawwarah sebelum berangkat ke imam malik imam syafi’I menghafalkan kitab muwatta’ karya imam malik hanya dalam 19 hari dan minta surat pernyataan dari gubernur mekkah kepada gubernur madinah agar diantarkan kepada imam malik .
         Setibanya di madinah al munwwarah imam syafii menemui gubernuh madinah untuk memberikan surat dari gubernur mekkah agar diantarkan kepada imam malik ,melihat isi surat tersebut gubernur madinah gemetar dan berkata demi Allah ,berjalan ke kota mekkah dari sini lebih aku sukai dari pada berjalan ke rumah imam malik.(karna kewibaan imam malik)dengan penuh permohonan imam syafi’I kepada gurnur madinah akhirnya gubernur madinah mengantarkan kepada imam malik dan menyampaikan maksud kedatangannya.”sejak kapan ilmu datang dengan perantara?” Tanya imam malik kepada gubenur .sang gubernur wajahnya langsung pucat karna kewibaan imam malik dan mundur di belakang imam syafii tidak berani menjawab perkataan imam Malik .Syafii dengan penuh ta’dzim berkata kepada imam Malik “wahai tuanku hamba datang dari mekkah dalam keadaan yatim dan menggadaikan rumahku untuk belajar kepadamu.melihat kesedihan dan adab syafii akhirnya hati imam Malik luluh ,dan  bertanya”sampai dimana kecintaanmu kepada ilmu?saya merasakan setiap huruf sekarang lain dengan huruf yang kemarin dan saya ingin menjadikan seluruh tubuhku menjadi telinga agar bisa mendengarkan keindahan ilmu”jawab syafii.”sampai dimana rasa ingin tahumu kepada ilmu?sampai seorang ibu yang kehilangan bayinya yang sedang menangis kehausan akan selalu mencari bayinya hingga didapat”jwab syafii.Bacalah kitab muwatto’,syafiii membacakan satu persatu isi kitab muwatto’ sehingga membuat imam malik ta’jub kepada imam syafii dan menerima syafi’I sebagai muridnya ,imam syafii berkata saya selalu membuka lembaran kitab saya dengan sangat pelan sehingga tidak berbunyi karna ta’dzim saya kepada imam Malik
F.Duduklah kamu di kursiku wahai syafi’i
يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات
Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang orang yang berilmu(QS al mujadalah:11)
ما الفضل إلا لأهل العلم إنهـــم *** على الهدى لمن استهدى أدلاء
وقيمة المرء ما قد كان يحسنــه *** والجاهلون لأهل العلم أعداء
ففز بعلم ولا تطلب به بــــــــــدلا *** فالناس موتى ، وأهل العلم أحياء
Tidak ada kelebihan kecuali bagi orang yang berilmu karna
Merekalah yang menunjukkan hidayah bagi orang yang mencarinya
Nilai manusia atas apa yang di kerjakannya dan hanya orang bodoh yang memusuhi orang yang beilmu
Carilah kebahagiaan dengan ilmu dan jangan minta penggantinya ,manusia hakekatnya adalah mati dan yang hidup adalah mereka yang berilmu.imam Ali RA
              
Syafii belajar kepada imam malik Sembilan tahun dalam masa belajarnya kepada imam malik .syafii minta izin agar bisa belajar ke irak untuk bisa belajar kepada penerus imam yaitu Muhammad bin hasan dan menetap di irak selam tiga bulan belajar fiqihnya imam hanafi kepada Muhammad bin hasan.
Setelah menguasai fiqih hanafi syafii kembali kemadinah untuk belajar lagi ke imam malik setibanya di madinah imam malik mengajar di hadapan ribuan muridnya ,syafiipun duduk di deretan belakang dan tidak memberi salam agar pengajian imam malik tidak terganggu .imam malik menyuruh para muridnya memecahkan 3 masalah ,tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan imam malik sampai imam malik mengulang pertanyaanya tiga kali,syafii yang pada saat itu ada di deretan paling belakang menyuruh seseorang untuk menjawab dengan jawabannya ,imam malik pun kagum dengan jwaban orang tersebut dengan mudah menjawab 3 masalah  secara tepat dipanggilah orang yang menjawab dan orang tersebut mengelak bahwa orang yang menjawab sebenarnya adalah orang yang di sampingku setelah di lihat ternyata orang itu adalah imam syafii serentak imam malik berjalan menuju imam syafii dan membawa imam syafii untuk berfatwa di tempat duduknya yang disaksikan oleh ribuan murid imam malik yang hadir dalam majlis.
    Dimadinah imam Syafii juga berguru kepada :Ibrahim bin yahya ,abdul Aziz ad darowardi,’Attaf bi Khalid ,Ismail bin ja’far,Ibrahim bin Sa’ad  Dll.
G.Sang musafir pencari ilmu
تغرب عن الأوطان في طلب العلى وسافر ففي الأسفار خمس فوائـد
تفـرج هـم واكتسـاب معيشـةٍ وعلـمٍ وآدابٍ وصحبـة مـاجـد
Merantaulah dirimu dari tempat tinggalmu untuk mencari kemuliaan
dan merantaulah karna dalam perantauan ada lima keutamaan
Menghilangkan kegelisahan ,mencari rejeki,
ilmu ,adab,dan teman yang peduli
setelah imam malik wafat,syafii pun berniat untuk belajar lagi ke kota irak akan tetapi karna tidak punya uang syafii terpaksa ikut pamannya untuk  bekerja ke yaman dengan tujuan agar gajinya bisa di buat bekal ongkos menuju irak,setiba di yaman imam Syafii berguru kepada:Mutoorif bin Mazin,Hasyim bin Yusuf Al Qhadi dan  juga mempelajari ilmu syiah ,khowarij dan firasah dengan tujuan agar bisa mematahkan hujjah-hujjah mereka.disinilah timbul kesalah pahaman .gubernur yaman menuduh Syafii dan 9 orang lainnya sebagai pembawa aliran sesat dan ingin menggulingkan ke khalifahan Abbasiyah ,sehingga 10 orang yang diantaranya adalah imam syafii di tangkap dan  hadapkan kepada kholifah Harun Ar Rosyid dengan kaki yang di kerangkeng di pusat ibu kota irak dimana kota itulah yang ingin di kunjungi oleh Imam Syafii.
H.Vonis hukum mati malah dapat 50.000 dinar

        Khalifah Harun ar Rasyid menanyakan satu persatu dari 10 orang tersebut Sembilan orang dinyatakan pemberontak oleh harun Ar rosyid dengan hukuman mati dan tinggal satu orang yang belum di tanyakan yaitu imam syafii .”apakah kamu memprogandakan pikiranmu kepada masyarakat dan mengatakan ini ini sehingga masyarakat benci kepadaku!?tanya Khalifah Harun ar Rosyid murka.
“bagaimana aku bisa menjelekkanmu wahai khalifah sedangkan aku adalah adalah sepupumu karna abbasiyun adalah orang qurays sedang saya juga qurasyi .
Kenapa kamu tidak setuju dengan peraturanku ?tanya Khalifah “karna jika kamu dhalim maka akan melahirkan kedhaliman pula ,dholim menambahkan rasa benci kepada rakyatmu tapi keadilan menambahkan rasa cinta kepada rakyatmu”jawab syafi’I tergeraklah hati khalifah dengan perkataan syafii di waktu itu juga hadir guru syafii Muhammad bin hasan yang membela syafii sehingga syafii di bebaskan oleh khalifah Harun ar Rasyid  dan di beri hadiyah 50.000 dinar setelah tahu bahwa imam Syafii adalah murid imam Malik dan memndapat pembelaan dari Muhammad ibn Hasan murid imam abu hanifah yang pada waktu itu hadir dalam majlis persidangan .imam syafii berkata ketika saya masuk menghadapi khalifah Harun ar Rasyid hati saya selalu mengucapkan ya latif ultuf bi(wahi dzat yang maha lembut lembutkanlah masalahku) sehingga di bebaskan dan di tambah 50.000 dinar dari khalifah.
     Setelah mendapat hadiyah 50.000 dinar Imam Syafii kembali ke mekkah untuk mengajak ibundanya pindah ke kota irak agar bisa belajar kepada Muhammad ibn Hasan murid imam abu hanifah  Ulama’ nomor satu di Irak,disanalah imam syafii berumah tangga dan mempunyai dua orang anak , imam Syafii juga berguru kepada :Ismail bin Ulayyah,Abdul wahhab At Tsaqofi dll.
I.Sang imam madzhab mutlak setelah Imam Abu hanifah dan Imam Malik

Setelah 2 tahun berada di irak imam Syafii pulang bersama ibunya ke makkah al mukarromah agar bisa mengamalkan dan  mengajarkan ilmunya dari dua guru yang berbeda pemahaman yaitu imam Malik yang selalu berpegang teguh kepada Sabda nabi Muhammad SAW dan imam Hanafi yang memakai nalarnya untuk memahami sabda nabiSAW.
Imam syafii berfatwa di masjdil haram di tempat fatwanya sahabat nabi yang terkenal ke faqihannya yaitu Abdulloh bin Abbas  di dekat sumur zam zam yang mana tidak ada yang menggantikan tempat beliau setelahnya kecuali imam Syafii RA.beliau mengajar setiap hari di masjidil haram dan selalu minum air zam zam sebelum memulai pembelajaraanya .

  Selama Sembilan tahun imam Syafii berada di mekkah ya’ni dari umur 36 samapi 48 tahun .beliau menghabiskan waktunya untuk mengajar di masjidil haram dan dalam Sembilan tahun tersebut imam syafii mengarang banyak kitab kitab kecil di antaranya adalah kitab yang tiada duanya yang bernama ARRISALAH kitab yang membahas ilmu usul fiqih pertama kali di dunia ,kitab tersebutlah yang membangkitkan  semangat keilmuan umat islam di dunia bahkan mendapat sorotan luar bisa di kalangan ulama’ dunia.
Imam al Muzanni berkata :saya mebaca kitab arrisalah  100 kali setiap aku mengulagi lagi kitab tersebut saya selalu mendapat faedah yang baru .
J.Qaul qadim
Setelah umur 48 tahun imam syafii kembali lagi ke irak selama dua tahun untuk  berfatwa di sana juga beliau mengarang kitrab Alhujjah di sinilah beliau mempunyai banyak murid di antaranya adalah imam ahmad bin hanbal,Al Hasan bin Muhammad bin Sobah az za’faroni,husin al karobisi,abu tsur Ibrahim bin khali al kalbi,Dll.di irak imam syafii mengarang kitab Al Umm kitab induk para pengikut Imam Syafii. Semua pendapat imam Syafii yang ada di kota irak di namakan Qoul Qodim.
K.Qoul jadid
   Umur 50 tahun syafii kembali ke kota mekkah sebentar kemudian syafii berkata kepada Robi’ murid kesayangan syafii apa yang tersisa wahai rabi’?mesir dan india “jawab rabi’ .imam Syafii kemudian memilih mesir untuk da’wahnya beliau berguru di mesir kepada sayyidah Nafisah cucu dari dari sayyidina Hasan bin Ali bin Abi tolib RA dan beliau diangkat menjadi guru besar di masjid Amr  bin ‘as .syafi mengajar kepada ribuan muridnya setelah subuh ilmu lughoh(bahasa)kemudian setelah dua jam ribuan muridnya yang lain datang untuk belajar ilmu hadits, setelah keluar nya matahari beliau mengajar ilmu fiqih,setiba waktu dhuha beliau kembali lagi mengajar tafsir  dst.
 Murid beliau yang ada di mesir adalah (qoul jadid):Ismail bin Yahya al Muzani ,Robi,bin Sulaiman al Jizi,Yusuf bin Yahya al Buwaity,Harmalah bin yahya at Tajibi,yunus bin Abdul a’la dll.imam Syafii tinggal di mesir hingga akhir hayat beliau yaitu 4 tahun genap umur 54 tahun .
L.Kewafatan imam syafi’i
1 tahun sebelum wafatnya  beliau memutuskan untuk pergi ke kota Alexandria dengan niat menjaga benteng pasukan muslim dari serangan pasukan romawi.ketika ditanya oleh muridnya akan kepindahannya beliau menjawab saya banyak menggunakan tenaga saya untuk ilmu dan menggunakan pikiran saya untuk ilmu sekarang saatnyalah menggunakan sisa tenaga saya untuk berjihad fi sabililah.
Sebelum akhir hayat beliau beliau  membaca bait dari syiirnya
وَلَمّا قَسا قَلبي وَضاقَت مَذاهِبي   جَعَلتُ الرَجا مِنّي لِعَفوِكَ سُلما
تَعاظَمَني ذَنبي فَلَمّا قَرَنُتهُ    بِعَفوِكَ رَبّي كانَ عَفوُكَ أَعظَما
فَما زِلتَ ذا عَفوٍ عَنِ الذَنبِ    لَم تَزَل  تَجودُ وَتَعفو مِنةً وَتَكَرما
Ketika mulai sesak dada ini dan sempit jalanku untuk bisa melanjutkan hidup ini
Maka aku menjadikan pengharapanku ini untuk memperoleh pintu maafmu sebagai tangga
Aku merasa Sangat besar ini akan tetapi ketika aku bandingkan dosa ini dengan ampunanmu wahai tuhanku maka ampunanmu jauh lebih besar
Engakulah yang selalu maha pengampun dari semua dosa dan selalu maha dermawan
 sebagai bentuk dari sifat anugerah dan dan kemurahnmu.
N.Para ulama’ berbela sungkawa atas kewafatan imam Syafii
  1. Sufyan bin Uyainah berkata :apabila Syafii wafat maka wafatlah orang yang paling “alim dizamannya”
  2. Qutaibah bin Said berkata:jika Imam sufyan bin Uyainah wafat maka wafatlah waro’,jika imam Syafii wafat maka wafatlah sunnah jika Imam Ahmad bin Hanbal wafat maka muncullah bid’ah.
  3. Rabi’ bin Sulaiman berkata:kepada ahli tafsir mimpi:saya bermimpi bahwa Nabi Adam wafat , ahli tafsir mimpi mengatakan bahwa akan wafat paling alimnya manusia sekarang ini ,kemudian rabi’ berkta kepada ahli tafisir mimpi :apa hubungan nabi adam dengan ilmu ?ahli tafisr membacakan surat Al baqoroh: وعلم أدم الاسماء كلها    dan Allah ajarkan Nama-Nama sesuatu kepada Adam kesemuanya
4.      Banan al asfahani berkata:saya bermimpi bertemu Nabi Muhammad SAW dan saya bertanya apakah engkau mengistimewakan Syafii wahai Rosululloh ,Nabi menjawab “ia ,saya meminta kepada Allah agar tidak di hisab karna bershalwat kepadaku yang tidak pernah orang bershalwat sepertinya yaitu :
 الهم صل على محمدوآل محمد كلما ذكرك الذاكون وصل على محمد وآل محمد كلما غفل عن ذكرك الغافلون

      Imam Syafii wafat pada hari kamis bulan ya’ban tahun 204 H.(820 masehi) di kota Alexandria mesir dalam umur 54 tahun .Makam beliau selalu di padati peziarah dari berbagai dunia hingga  zaman sekarang.semoga Allah selalu melimpahkan rahmatnya kepadanya amin ya robbal ‘alamin.
M.Kebiasaan Imam Syafii:
1.Membagi waktu malam tiga bagian:
1.      Untuk belajar
2.      Untuk shalat dan munajat
3.      Untuk tidur
2.Tidak pernah makan sampai kenyang  karna bisa melemahkan badan untuk ibadah ,mengeraskan hati dan mudah mengantuk
3.Hatam Al quran satu kali setiap hari dan 2 kali sehari di bulan rumadhan.
4.Tidak pernah bersumpah

O.Mutiara kata imam Syafii:
      Seandainya  Allah SWT tidak menurunkan surat Al quran selain surat al Asr  maka sudah cukup surat tersebut bagi manusia.
Pesan surat Al Asr menjelaskan bahsannya sesungguhnya manusia dalam kerugian kecuali:
  1. Orang beriman
  2. Beramal baik
  3. Saliang menasehati dalam kebaikan
  4. Saliang menasehati untuk bersabar

P.Doa imam syafii:
اللهم امنن علينا بصفاء المعرفة، وهب لنا تصحيح المعاملة فيما بيننا وبينك على السنة، وارزقنا صدق التوكل عليك وحسن الظن بك.
وامنن علينا بكل ما يقربنا إليك مقرونا بعوافي الدارين برحمتك يا أرحم الراحمين
Ya allah limpahkanlah kepada kami kemurnian ma’rifat,dan berikanlah kami kesungguhan dalam bermu’amalah kepadamu diatas jalan sunnah nabimu ,rezekikanlah kami keyakinan bertawakkal kepadamu dan selalu berbaik sangka atas segala takdirmu,limpahkanlah atas kami semua ni’mat yang bisa mendekatkan kepadamu yang mengandung maslahat dalam dunia dan akhirat dengan rahmatmu wahai yang dzat yang paling merahmati .
Refrensi
Da’wah lit ta’ayusy
Siyar a’lamin nubala’
Muqoddimah al bayan
I’anatuttolibin
Diwan syafi’i
Diwan Imam Ali
Tahrir
Baijuri
Jamius shahih bukhori
Soheh muslim
Sunan abu dawud


Tidak ada komentar:

Posting Komentar