A. Kelahiran
sang mujaddid kedua
من يجدد المة فى أمر دينها : يبعث الله على رأس كل مأة سنة
Allah
mengutus pada setiap kurun 100 tahun orang yang memperaui pemikiran ummat di
dalam masalah agama.
Imam Ahmad
bin Hanbal dan ‘Uqbah berkata:imam Syafi’I adalah mujaddid kedua setelah Umar
bin Abdul Aziz.Imam Syafi’i lahir tahun 150 H (767 masehi)dimana pada tahun ini
pula Imam Abu hanifah RA wafat.Nama imam Syaif’i adalah Muhammad bin Idris bin Abbas
bin Utsman bin Syafi’ bin Tsa’ib bin Ubaid bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Abdul
Muttolib bin Hasyim bin Abdu Manaf. Syafi’ dan Tsa’ib adalah sahabat yang hidup
dizaman Rosululloh SAW dalam keadaan islam
Orang tua
imam Syafii adalah penduduk asli kota makkah,mereka pergi merantau ke kota gaza
irak ingin mengubah perekenomian keluarganya yang fakir miskin .di kota gaza
imam Syafii di lahirkan disini pula kakek Nabi Muhammad SAW sayyid Hasyim di
kebumikan dan setelah umur 2 tahun imam Syafi’I di tanggal wafat oleh
ayahandanya sehingga dia menjadi yatim dan hidup bersama ibunya yaitu Ummu
Habibah di negeri asing.
B.
KETEGUHAN SEORANG IBU
Dan tuhanmu memberikan kepastian agar tidak
menyembah kecuali kepadanya dan berbuat baiklah dengan kedua orang tua dengan
sebaik baiknya.
جاء رجل إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال : يا رسول الله ، من
أحق الناس بحسن صحابتي ؟ قال : ( أمك ) . قال : ثم من ؟ قال : ( ثم أمك ) . قال
: ثم
من ؟
قال : ( ثم
أمك ) . قال
: ثم من
؟ قال
: ( ثم أبوك
Datang
seseorang kepada Nabi Muhammad SAW dan berkata:wahai Rosululloh sipakah orang
yang lebih berhak bagiku untuk berbuat baik ?Nabi menjawab ibumu ,ibumu,ibumu
kemudian ayahmu(muttafaq alaih)
Setelah yah Imam Syafii wafat ibunyakembali
lagi ke kota mekkah mukarromah tempat asal tinggalnya.i bunya menitipkan imam Syafii
untuk belajar tajwid dan Al qur’an di madrasah Makkah mukarromah,suatu hari
imam syafi’I menangis sepulang dari madrasah dia berlari kepada ibunya dan
berkata sambil menangis“ibu aku tidak mau sekolah lagi ,guruku tidak
memperdulikanku karna aku seorang miskin dan tidak bisa membayar uang madrasah”tangis
imam syafi’I kepada ibunya .ibu imam Syafi’I tidak putus asa atas perlakuan
sang ustadz dan memberikan semangat serta membesarkan jiwa Syafi’I dengan berkata”itu
sudah hal biasa anakku,aku punya cara agar kamu bisa mendapatkan ilmu bergaullah
kamu dengan anak orang kaya dan belajarlah di sampingnya sehingga kamu bisa
menangkap ilmu dari gurumu ketika mengajar anak orang kaya ”selang beberapa
bulan imam Syafii sudah bisa menguasai semua yang di sampaikan gurunya bahkan
ketika gurunya tidak ada imam syafii yang menggantikan gurunya untuk mengajar
kepada teman sekelasnya sehingga gurunya menaruh perhatian yang besar kepadanya
dan membebaskan iuran bulanannya.tidak sampai disini syafii kecil sudah bisa
menghafal alqur’an dalam umur 7 tahun bahkan bacaan Alqurannya membuat orang
yang mendengar di sekitarnya menangis.
C.Menulis
diatas tulang belulang
Nun(hanya
Allah yang maha tahu ma’nanya)demi pena dan apa yang mereka tulis.
العِلمُ صَيدٌ والكِتابةُ قَيدُهُ -- قَيِّدْ صيودكَ بالحِبالِ
الواثِقَة
فَمِن الحَماقَةِ أَنْ تَصيدَ غَزالَةً -- وتَترُكها بَينَ الخَلائقِ طالِقةَ
فَمِن الحَماقَةِ أَنْ تَصيدَ غَزالَةً -- وتَترُكها بَينَ الخَلائقِ طالِقةَ
Ilmu itu liar dan tulisan adalah
talinya .talikan hewan liarmu dengan tali yang kuat
Termasuk
sebuah kebodohan orang yang memburu kijang kemudian di tinggal di antara
gerombolan makhluq secara bebas.
Ketika imam Syafi’I sudah beranjak remaja
ketertarikannya kepada ilmu agama semakin bertamabah ,Beliau belajar tafsir
kepada Sufyan bin ‘uyainah,hadits kepada Muslim bin Khalid, sehingga di umur 13
tahun belaiu sudah hafal tafsir para ulama’
pada masanya dan juga sudah hafal ribuan hadits nabi Muhammad SAW.kekurangan
ekonomi tak menghalangi syafi’I untuk memperluas ke ilmuannya ,Syaf’ii
mengumpulkan arsip tafsir dan haditsnya dengan mencari kertas bekas dari perpustakaan dan
dari bekas kertas yang tidak terpakai oleh orang orang kaya mekkah bahkan ketika syafi’i kecil
kehabisan kertas beliau mengumpulkan tulang belulang unta yang lebar untuk
menulis .tidak sedikit orang yang tidak senang dengan imam Syafii tapi imam Syafii
tidak mempedulikannya.
إذا نطق السفيه فلا تجبه .. فخير من
إجابته السكوت
فإن كلمته فرجت عنه .. وإن خليته كمدا يموت
فإن كلمته فرجت عنه .. وإن خليته كمدا يموت
Apabila orang
bodoh bertanya kepadamu maka janganlah kamu menjawab
Sebaik baiknya
jawaban bagi mereka adalah diam
Jika kamu
menjawab maka kamu memberikan peluang menang kepadanya
Jika kamu
mengabaikan maka dia akan mati kutu.
D.Sang
ahli syair dan Sang jago panah yang tak pernah meleset
ولولا الشعر بالعلماء يزري لكنت اليوم اشعر من لبيد
Andaikan
para ulama’ bersyair tidak dosa maka aku sekarang ini lebih mahir dari pada
lubaid(penyair yang paling terkenal)
علموا أبناءكم السباحة والرمي والمرأة المغزل
Ajarkanlah
anak kalian semua berenang dan memanah dan ajarilah perempuan bertenun.
Saat Imam Syafii duduk di masjidil haram ,beliau
berjumpa dengan Al laits bin Sa’id salah
satu ulama’ dari mesir untuk berziarah
ke mekkah mukarromah .ketika Laits bin said memberi tausiyah di masjdil haram
Imam Syafii menyempatkan dirinya untuk mendengar tausiahnya “sesungguhnya yang
menyebabkan ikhtilaf di dalam ummat islam adalah perbedaan pendapatnya di dalam
ilmu lughat (bahasa) dan ilmu lughot yang terpelihara hanya ada di padang
sahara yaitu di tempat suku hudzail .
Mendengar mauidhoh
yang disampaikan oleh Laits bin Said imam Syafii bergegas menuju ibunya dan meminta
restu untuk belajar di suku hudzail melihat ke semangatan dan keseriusannya
akhirnya ibunya merestuinya untuk pergi ke suku hudzail memperdalam ilmu etmologi(bahasa)
.
Imam Syafii
berkata: saya berada di suku hudzail selama empat tahun ,tujuan utama saya
hanya dua yaitu ilmu bahasa dan memanah.selama saya berada disuku Hudzail saya hafal 10 000 ribu bait dari ahli
syiir arab dan handal dalam memanah sehingga jika saya memanah 10kali maka
semuanya tepat mengenai sasarannya.
Syafi’i juga
sangat cerdas di atas rata rata umumnya sehingga jika ingin membuka kitab
hafalannya maka dia menutup halaman sebelahnya agar tidak ikut terbaca sehingga
hafal seblum membaca. suatu saat dia cemas karna daya hafalannya dia meminta
nasehat kepada temannya Waqi’ tentang lemahnya hafalannya ,waqi’ berkata :
شكوت الى وكيع سوء
حفظي وانشدنى الى ترك المعاصى
وأخبرنى بأن العلم
نور ونور اللهلا يهدى للعاصى
Saya
mengadu kepada waki’ tentang lemahnya hafalanku.dia mengingatkan kepadaku untuk
meninggalkan ma’siat.
Dia
mengatakan sesungguhnya ilmu itu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak bisa di
peroleh oleh orang yang yang ahli ma’siat.
Setelah
empat tahun di suku Hudzail syafi’I pulang
ke mekkah untuk bertemu dengan ibunya satu satunya orang yang dia sayangi .imam
Syafii kembali belajar lagi di mekkah dengan keluasannya dalam bidang bahasa
dan ansab(sejarah )Syafii menjadi orang nomor satu di kota mekkah bahkan Muslim
bin Khalid mufti mekkah menyuruh Syafii untuk menjadi mufti di kota mekkah al
mukarromah tetapi beliau menolak dan masih ingin belajar lebih jauh lagi.
E.Meminum ilmunya Al Imam Malik bin Anas
Katakan
Muhammad andaikan lautan itu adalah tinta untuk menulis kalimat tuhanku maka
niscaya habis lautan itu sebelum kalimat tuhanku selesai walaupun di datangkan
sebuah lautan lagi.
منهومان لا يشبعان منهوم في
علم لا يشبع ، ومنهوم في دنيا لا يشبع
Dua orang haus yang tidak ada puasnya yaitu
haus akan ilmu (dalam ke ilmuannya) dan haus akan dunia (dalam segala isinya)
Walaupun kondisi ekonomi ibu Syafii sulit namun Kesadarannya yang tinggi
dalam dunia pendidikan membuat sang ibu rela menggadaikan rumah satu satu nya
untuk membekali sang anak untuk menuntut ilmu kepada Imam daril hijrah Malik
bin anas ulama’ yang tiada duanya di kota Madinah Al munawwarah sebelum
berangkat ke imam malik imam syafi’I menghafalkan kitab muwatta’ karya imam
malik hanya dalam 19 hari dan minta surat pernyataan dari gubernur mekkah
kepada gubernur madinah agar diantarkan kepada imam malik .
Setibanya di madinah al munwwarah imam
syafii menemui gubernuh madinah untuk memberikan surat dari gubernur mekkah
agar diantarkan kepada imam malik ,melihat isi surat tersebut gubernur madinah gemetar
dan berkata demi Allah ,berjalan ke kota mekkah dari sini lebih aku sukai dari
pada berjalan ke rumah imam malik.(karna kewibaan imam malik)dengan penuh
permohonan imam syafi’I kepada gurnur madinah akhirnya gubernur madinah mengantarkan
kepada imam malik dan menyampaikan maksud kedatangannya.”sejak kapan ilmu datang
dengan perantara?” Tanya imam malik kepada gubenur .sang gubernur wajahnya
langsung pucat karna kewibaan imam malik dan mundur di belakang imam syafii
tidak berani menjawab perkataan imam Malik .Syafii dengan penuh ta’dzim berkata
kepada imam Malik “wahai tuanku hamba datang dari mekkah dalam keadaan yatim
dan menggadaikan rumahku untuk belajar kepadamu.melihat kesedihan dan adab
syafii akhirnya hati imam Malik luluh ,dan
bertanya”sampai dimana kecintaanmu kepada ilmu?saya merasakan setiap
huruf sekarang lain dengan huruf yang kemarin dan saya ingin menjadikan seluruh
tubuhku menjadi telinga agar bisa mendengarkan keindahan ilmu”jawab
syafii.”sampai dimana rasa ingin tahumu kepada ilmu?sampai seorang ibu yang
kehilangan bayinya yang sedang menangis kehausan akan selalu mencari bayinya
hingga didapat”jwab syafii.Bacalah kitab muwatto’,syafiii membacakan satu
persatu isi kitab muwatto’ sehingga membuat imam malik ta’jub kepada imam
syafii dan menerima syafi’I sebagai muridnya ,imam syafii berkata saya selalu
membuka lembaran kitab saya dengan sangat pelan sehingga tidak berbunyi karna
ta’dzim saya kepada imam Malik
F.Duduklah kamu
di kursiku wahai syafi’i
يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات
Allah
mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang orang yang berilmu(QS al
mujadalah:11)
ما الفضل إلا لأهل العلم إنهـــم *** على الهدى لمن استهدى أدلاء
وقيمة المرء ما قد كان يحسنــه *** والجاهلون لأهل العلم أعداء
ففز بعلم ولا تطلب به بــــــــــدلا *** فالناس موتى ، وأهل العلم أحياء
وقيمة المرء ما قد كان يحسنــه *** والجاهلون لأهل العلم أعداء
ففز بعلم ولا تطلب به بــــــــــدلا *** فالناس موتى ، وأهل العلم أحياء
Tidak ada kelebihan kecuali bagi orang
yang berilmu karna
Merekalah yang menunjukkan hidayah
bagi orang yang mencarinya
Nilai manusia atas apa yang di
kerjakannya dan hanya orang bodoh yang memusuhi orang yang beilmu
Carilah kebahagiaan dengan ilmu dan
jangan minta penggantinya ,manusia hakekatnya adalah mati dan yang hidup adalah
mereka yang berilmu.imam Ali RA
Syafii belajar kepada imam malik
Sembilan tahun dalam masa belajarnya kepada imam malik .syafii minta izin agar
bisa belajar ke irak untuk bisa belajar kepada penerus imam yaitu Muhammad bin
hasan dan menetap di irak selam tiga bulan belajar fiqihnya imam hanafi kepada
Muhammad bin hasan.
Setelah menguasai fiqih hanafi syafii
kembali kemadinah untuk belajar lagi ke imam malik setibanya di madinah imam
malik mengajar di hadapan ribuan muridnya ,syafiipun duduk di deretan belakang
dan tidak memberi salam agar pengajian imam malik tidak terganggu .imam malik
menyuruh para muridnya memecahkan 3 masalah ,tidak ada yang bisa menjawab
pertanyaan imam malik sampai imam malik mengulang pertanyaanya tiga kali,syafii
yang pada saat itu ada di deretan paling belakang menyuruh seseorang untuk
menjawab dengan jawabannya ,imam malik pun kagum dengan jwaban orang tersebut
dengan mudah menjawab 3 masalah secara
tepat dipanggilah orang yang menjawab dan orang tersebut mengelak bahwa orang
yang menjawab sebenarnya adalah orang yang di sampingku setelah di lihat
ternyata orang itu adalah imam syafii serentak imam malik berjalan menuju imam
syafii dan membawa imam syafii untuk berfatwa di tempat duduknya yang
disaksikan oleh ribuan murid imam malik yang hadir dalam majlis.
Dimadinah imam Syafii juga berguru kepada :Ibrahim bin yahya ,abdul Aziz
ad darowardi,’Attaf bi Khalid ,Ismail bin ja’far,Ibrahim bin Sa’ad Dll.
G.Sang musafir
pencari ilmu
تغرب عن الأوطان في طلب العلى وسافر ففي الأسفار خمس فوائـد
تفـرج هـم واكتسـاب معيشـةٍ وعلـمٍ وآدابٍ وصحبـة مـاجـد
تفـرج هـم واكتسـاب معيشـةٍ وعلـمٍ وآدابٍ وصحبـة مـاجـد
Merantaulah dirimu dari tempat tinggalmu untuk
mencari kemuliaan
dan merantaulah karna dalam perantauan ada
lima keutamaan
Menghilangkan kegelisahan ,mencari
rejeki,
ilmu ,adab,dan teman yang peduli
setelah imam malik wafat,syafii pun
berniat untuk belajar lagi ke kota irak akan tetapi karna tidak punya uang
syafii terpaksa ikut pamannya untuk bekerja ke yaman dengan tujuan agar gajinya
bisa di buat bekal ongkos menuju irak,setiba di yaman imam Syafii berguru
kepada:Mutoorif bin Mazin,Hasyim bin Yusuf Al Qhadi dan juga mempelajari ilmu syiah ,khowarij dan
firasah dengan tujuan agar bisa mematahkan hujjah-hujjah mereka.disinilah
timbul kesalah pahaman .gubernur yaman menuduh Syafii dan 9 orang lainnya
sebagai pembawa aliran sesat dan ingin menggulingkan ke khalifahan Abbasiyah
,sehingga 10 orang yang diantaranya adalah imam syafii di tangkap dan hadapkan kepada kholifah Harun Ar Rosyid
dengan kaki yang di kerangkeng di pusat ibu kota irak dimana kota itulah yang
ingin di kunjungi oleh Imam Syafii.
H.Vonis hukum
mati malah dapat 50.000 dinar
Khalifah Harun ar Rasyid menanyakan
satu persatu dari 10 orang tersebut Sembilan orang dinyatakan pemberontak oleh
harun Ar rosyid dengan hukuman mati dan tinggal satu orang yang belum di
tanyakan yaitu imam syafii .”apakah kamu memprogandakan pikiranmu kepada
masyarakat dan mengatakan ini ini sehingga masyarakat benci kepadaku!?tanya
Khalifah Harun ar Rosyid murka.
“bagaimana aku bisa menjelekkanmu wahai
khalifah sedangkan aku adalah adalah sepupumu karna abbasiyun adalah orang
qurays sedang saya juga qurasyi .
Kenapa kamu tidak setuju dengan
peraturanku ?tanya Khalifah “karna jika kamu dhalim maka akan melahirkan
kedhaliman pula ,dholim menambahkan rasa benci kepada rakyatmu tapi keadilan
menambahkan rasa cinta kepada rakyatmu”jawab syafi’I tergeraklah hati khalifah
dengan perkataan syafii di waktu itu juga hadir guru syafii Muhammad bin hasan
yang membela syafii sehingga syafii di bebaskan oleh khalifah Harun ar Rasyid dan di beri hadiyah 50.000 dinar setelah tahu
bahwa imam Syafii adalah murid imam Malik dan memndapat pembelaan dari Muhammad
ibn Hasan murid imam abu hanifah yang pada waktu itu hadir dalam majlis
persidangan .imam syafii berkata ketika saya masuk menghadapi khalifah Harun ar
Rasyid hati saya selalu mengucapkan ya latif ultuf bi(wahi dzat yang maha
lembut lembutkanlah masalahku) sehingga di bebaskan dan di tambah 50.000 dinar
dari khalifah.
Setelah mendapat hadiyah 50.000 dinar Imam Syafii kembali ke mekkah untuk
mengajak ibundanya pindah ke kota irak agar bisa belajar kepada Muhammad ibn
Hasan murid imam abu hanifah Ulama’
nomor satu di Irak,disanalah imam syafii berumah tangga dan mempunyai dua orang
anak , imam Syafii juga berguru kepada :Ismail bin Ulayyah,Abdul wahhab At
Tsaqofi dll.
I.Sang imam
madzhab mutlak setelah Imam Abu hanifah dan Imam Malik
Setelah 2 tahun berada di irak imam Syafii
pulang bersama ibunya ke makkah al mukarromah agar bisa mengamalkan dan mengajarkan ilmunya dari dua guru yang berbeda
pemahaman yaitu imam Malik yang selalu berpegang teguh kepada Sabda nabi Muhammad
SAW dan imam Hanafi yang memakai nalarnya untuk memahami sabda nabiSAW.
Imam syafii berfatwa di masjdil haram
di tempat fatwanya sahabat nabi yang terkenal ke faqihannya yaitu Abdulloh bin
Abbas di dekat sumur zam zam yang mana
tidak ada yang menggantikan tempat beliau setelahnya kecuali imam Syafii RA.beliau
mengajar setiap hari di masjidil haram dan selalu minum air zam zam sebelum
memulai pembelajaraanya .
Selama Sembilan tahun imam Syafii berada di mekkah ya’ni dari umur 36 samapi
48 tahun .beliau menghabiskan waktunya untuk mengajar di masjidil haram dan
dalam Sembilan tahun tersebut imam syafii mengarang banyak kitab kitab kecil di
antaranya adalah kitab yang tiada duanya yang bernama ARRISALAH kitab yang
membahas ilmu usul fiqih pertama kali di dunia ,kitab tersebutlah yang
membangkitkan semangat keilmuan umat
islam di dunia bahkan mendapat sorotan luar bisa di kalangan ulama’ dunia.
Imam al Muzanni berkata :saya mebaca
kitab arrisalah 100 kali setiap aku
mengulagi lagi kitab tersebut saya selalu mendapat faedah yang baru .
J.Qaul qadim
Setelah umur 48 tahun imam syafii
kembali lagi ke irak selama dua tahun untuk
berfatwa di sana juga beliau mengarang kitrab Alhujjah di sinilah beliau
mempunyai banyak murid di antaranya adalah imam ahmad bin hanbal,Al Hasan bin
Muhammad bin Sobah az za’faroni,husin al karobisi,abu tsur Ibrahim bin khali al
kalbi,Dll.di irak imam syafii mengarang kitab Al Umm kitab induk para pengikut
Imam Syafii. Semua pendapat imam Syafii yang ada di kota irak di namakan Qoul
Qodim.
K.Qoul jadid
Umur 50 tahun syafii kembali ke kota mekkah sebentar kemudian syafii berkata
kepada Robi’ murid kesayangan syafii apa yang tersisa wahai rabi’?mesir dan
india “jawab rabi’ .imam Syafii kemudian memilih mesir untuk da’wahnya beliau
berguru di mesir kepada sayyidah Nafisah cucu dari dari sayyidina Hasan bin Ali
bin Abi tolib RA dan beliau diangkat menjadi guru besar di masjid Amr bin ‘as .syafi mengajar kepada ribuan
muridnya setelah subuh ilmu lughoh(bahasa)kemudian setelah dua jam ribuan
muridnya yang lain datang untuk belajar ilmu hadits, setelah keluar nya
matahari beliau mengajar ilmu fiqih,setiba waktu dhuha beliau kembali lagi mengajar
tafsir dst.
Murid beliau yang ada di mesir adalah (qoul
jadid):Ismail bin Yahya al Muzani ,Robi,bin Sulaiman al Jizi,Yusuf bin Yahya al
Buwaity,Harmalah bin yahya at Tajibi,yunus bin Abdul a’la dll.imam Syafii
tinggal di mesir hingga akhir hayat beliau yaitu 4 tahun genap umur 54 tahun .
L.Kewafatan imam
syafi’i
1 tahun sebelum wafatnya beliau memutuskan untuk pergi ke kota
Alexandria dengan niat menjaga benteng pasukan muslim dari serangan pasukan romawi.ketika
ditanya oleh muridnya akan kepindahannya beliau menjawab saya banyak
menggunakan tenaga saya untuk ilmu dan menggunakan pikiran saya untuk ilmu
sekarang saatnyalah menggunakan sisa tenaga saya untuk berjihad fi sabililah.
Sebelum akhir hayat beliau beliau membaca bait dari syiirnya
وَلَمّا قَسا قَلبي وَضاقَت مَذاهِبي جَعَلتُ الرَجا مِنّي لِعَفوِكَ سُلما
تَعاظَمَني ذَنبي فَلَمّا قَرَنُتهُ
بِعَفوِكَ رَبّي كانَ عَفوُكَ أَعظَما
فَما زِلتَ ذا عَفوٍ عَنِ الذَنبِ
لَم تَزَل
تَجودُ وَتَعفو مِنةً وَتَكَرما
Ketika
mulai sesak dada ini dan sempit jalanku untuk bisa melanjutkan hidup ini
Maka
aku menjadikan pengharapanku ini untuk memperoleh pintu maafmu sebagai tangga
Aku
merasa Sangat besar ini akan tetapi ketika aku bandingkan dosa ini dengan
ampunanmu wahai tuhanku maka ampunanmu jauh lebih besar
Engakulah
yang selalu maha pengampun dari semua dosa dan selalu maha dermawan
sebagai bentuk dari sifat anugerah dan dan
kemurahnmu.
N.Para
ulama’ berbela sungkawa atas kewafatan imam Syafii
- Sufyan bin Uyainah berkata :apabila Syafii
wafat maka wafatlah orang yang paling “alim dizamannya”
- Qutaibah bin Said berkata:jika Imam sufyan
bin Uyainah wafat maka wafatlah waro’,jika imam Syafii wafat maka wafatlah
sunnah jika Imam Ahmad bin Hanbal wafat maka muncullah bid’ah.
- Rabi’ bin Sulaiman berkata:kepada ahli
tafsir mimpi:saya bermimpi bahwa Nabi Adam wafat , ahli tafsir mimpi
mengatakan bahwa akan wafat paling alimnya manusia sekarang ini ,kemudian
rabi’ berkta kepada ahli tafisir mimpi :apa hubungan nabi adam dengan ilmu
?ahli tafisr membacakan surat Al baqoroh:
وعلم أدم الاسماء كلها dan Allah ajarkan Nama-Nama sesuatu
kepada Adam kesemuanya
4.
Banan al asfahani berkata:saya
bermimpi bertemu Nabi Muhammad SAW dan saya bertanya apakah engkau
mengistimewakan Syafii wahai Rosululloh ,Nabi menjawab “ia ,saya meminta kepada
Allah agar tidak di hisab karna bershalwat kepadaku yang tidak pernah orang
bershalwat sepertinya yaitu :
الهم صل
على محمدوآل محمد كلما ذكرك الذاكون وصل على محمد وآل محمد كلما غفل عن ذكرك
الغافلون
Imam
Syafii wafat pada hari kamis bulan ya’ban tahun 204 H.(820 masehi) di kota
Alexandria mesir dalam umur 54 tahun .Makam beliau selalu di padati peziarah dari
berbagai dunia hingga zaman sekarang.semoga
Allah selalu melimpahkan rahmatnya kepadanya amin ya robbal ‘alamin.
M.Kebiasaan
Imam Syafii:
1.Membagi waktu malam tiga
bagian:
1.
Untuk belajar
2.
Untuk shalat dan munajat
3.
Untuk tidur
2.Tidak pernah makan
sampai kenyang karna bisa melemahkan
badan untuk ibadah ,mengeraskan hati dan mudah mengantuk
3.Hatam Al quran satu kali
setiap hari dan 2 kali sehari di bulan rumadhan.
4.Tidak pernah bersumpah
O.Mutiara
kata imam Syafii:
Seandainya Allah SWT tidak menurunkan surat Al quran
selain surat al Asr maka sudah cukup
surat tersebut bagi manusia.
Pesan
surat Al Asr menjelaskan bahsannya sesungguhnya manusia dalam kerugian kecuali:
- Orang beriman
- Beramal baik
- Saliang menasehati dalam kebaikan
- Saliang menasehati untuk bersabar
P.Doa
imam syafii:
اللهم امنن علينا بصفاء
المعرفة، وهب لنا تصحيح المعاملة فيما بيننا وبينك على السنة، وارزقنا صدق التوكل
عليك وحسن الظن بك.
وامنن علينا بكل ما
يقربنا إليك مقرونا بعوافي الدارين برحمتك يا أرحم الراحمين
Ya allah limpahkanlah kepada kami kemurnian ma’rifat,dan
berikanlah kami kesungguhan dalam bermu’amalah kepadamu diatas jalan sunnah
nabimu ,rezekikanlah kami keyakinan bertawakkal kepadamu dan selalu berbaik
sangka atas segala takdirmu,limpahkanlah atas kami semua ni’mat yang bisa
mendekatkan kepadamu yang mengandung maslahat dalam dunia dan akhirat dengan
rahmatmu wahai yang dzat yang paling merahmati .
Refrensi
Da’wah
lit ta’ayusy
Siyar
a’lamin nubala’
Muqoddimah
al bayan
I’anatuttolibin
Diwan
syafi’i
Diwan
Imam Ali
Tahrir
Baijuri
Jamius
shahih bukhori
Soheh
muslim
Sunan
abu dawud
Tidak ada komentar:
Posting Komentar