HAUL AKBAR SAYYID ALAWI AL MALIKI



Senin 23 januari sampang Madura
Setiap tahun Haul Sayyid Alawi Almaliki di adakan di pondok pesantren At Taroqqi Sampang Madura .meskipun KH Alawi Muhammad dan Sayyid Abbas wafat tidak mengurangi jumlah jamaah yang hadir bahkan semakin tahun semakin bertambah kehadiran para jamaah dari berbagai kabupaten.
Setiap tahun acara tersebut di hadir oleh Abuya Sayyid Abbas al Maliki sewafat beliau dignti dengan Sayyid Alawi al Maliki namun pada tahun sekarang di Hadiri oleh putra Abuya Sayyid Abbas yang pertama yaitu Sayyid Ashim Abbas Al Maliki yang menggantikankan majlis Maulid Abuya Sayyid Abbas Al Maliki di Makkah Al mukrromah sedangkan Sayyid Alawi Al Maliki Menggantikan Abuya Sayyid Abbas dalam bidang Ta’lim  .

Tanah wakaf untuk masjid di jual dan hasilnya untuk pembangunan masjid?


bolehkah Tanah wakaf untuk masjid di jual dan hasilnya untuk pembangunan masjid?
tidak boleh menurut semua madzhab ,adapun pendapat Imam Hanfi yang boleh menjual Tanah wakaf dengan syarat di ganti dengan tanah lain dan syart yang lain.
 (فَرْعٌ)
فِي مَذَاهِبِ الْعُلَمَاءِ فِي بَيْعِ العين الموقوفة * ذكرنا ان مذهبنا بطلان بيعها سواءحكم بصحته حاكم اولا وَبِهِ قَالَ مَالِكٌ وَأَحْمَدُ وَالْعُلَمَاءُ كَافَّةً إلَّا أبا حنيفة فقال يجوز بيعه ما لم يحكم بصحته حاكم

wallohu a'lam

Darah yang keluar setelah keguguran ,apakah darah nifas?


darah yang keluar setelah keguguran ,apakh darah nifas?
jawab: darah yang keluar setelah keguguran adalah darah nifas baik keguguran berupa darah ,daging apalagi sudah berbentuk manusia
وَأما دم النّفاس فَهُوَ الْخَارِج عقيب ولادَة مَا تَنْقَضِي بِهِ الْعدة سَوَاء وَضعته حَيا أَو مَيتا كَامِلا كَانَ أَو نَاقِصا وَكَذَا لَو وضعت علقَة أَو مُضْغَة جزم بِهِ فِي الرَّوْضَة وَسَوَاء كَانَ أَحْمَر أَو أصفر مُبتَدأَة كَانَت فِي الْولادَة أَولا وَيُؤْخَذ من كَلَام الشَّيْخ أَن
kifayatul akhyar hal 75

Urun Rembug As Shofwah pada mulataqo ke 26 di ponpes Al Haromain Duwe pote sampang madura


"URUN REMBUG"
HAI’AH ASH SHOFWAH AL MALIKIYYAH
MULTAQO SANAWI - 26, SAMPANG MADURA
Hai’ah Ash ShofWah sebagai himpunan para Ulama, Habib, Kiai, dan Asatidz Alumni Abuya As Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki Al hasani, perlu menyampaikan Urun Rembug sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai berikut:
1. Agar pemerintah memberikan penguat terhadap pendidikan yang berbasis akhlakul karimah dengan memberikan porsi materi pendidikan agama yang cukup minimal empat jam dalam kurikulum pendidikan nasional.
2. Berharap pemerintah memperketat regulasi tentang isi buku ajar yang bermuatan konten-konten yang tidak sesuai dengan syari’at Islam dan budaya luhur bangsa Indonsuia dan berpotensi merusak kerukunan hidup beragma.
3. Memberikan dukungan kepada pemerintah untuk menegakkan hukum secara adil terhadap pelanggaran syari’at, aturan negara, dan penista agama.
4. Mendorong pemerintah untuk mengembalikan UUD 1945 sebelum diamandemen sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
5. Berharap agar pemerintah bertindak tegas terhadap segala bentuk gerakan radikalisme, komunis, dan aliran sesat seperti Salafi Takfiri, ISIS, Syiah Rafidzah, yang berpotensi akan mengencam keutuhan NKR .
6. Mendorong kepada pemerintah untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian ekonomi negeri dengan keberpihakannya kepada ekonomi pribumi.
7. Berharap agar pemerintah RI segera melakukan pendayagunaan potensi SDM (sumber daya manusia) putera-puteri terbaik bangsa dengan maksimal untuk dapat mengelola kekayaan alam negeri ini secara mandiri.
8. Pemerintah hendaknya melarang bentuk-bentuk informasi dan tayangan yang bersifat provokatif yang dapat merusak moralitas, idiologi bangsa, dan memecah belah keutuhan NKRI, serta melakukan pengawasan terhadap media agar dapat menyiarkan berita yang mendidik dan berimbang.

Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun


Besok hari Minggu merupakan akhir bulan Dzul Hijjah (akhir tahun 1437 H), jangan lupa membaca
"Doa Akhir Tahun" seusai shalat Ashar. Kemudian ba'da maghribnya (malam minggu) adalah malam 1 Muharram (tahun baru Islam 1438 H), jangan lupa membaca "Doa Awal Tahun"*.
Syekh Ibnu Qudamah Al-Maqdisy, salah seorang ulama besar yang ikut meriwayatkan *"doa awal tahun"* menuturkan, “Guru-guruku tidak pernah luput berwasiat untuk selalu membaca doa tersebut. Dan aku belum pernah melewatkan doa itu sepanjang hidupku.”
Bacaan *Doa Akhir Tahun* 3 kali :
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي السَّنَةِ الْمَاضِيَةِ وَلَمْ تَرْضَهُ ، وَنَسِيْتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ ، وَحَلُمْتَ عَنِّيْ مَعَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ ، وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِيْ عَلَيْكَ. اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ مِنْهُ فَاغْفِرْ لِيْ اَللَّهُمَّ وَمَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ وَالْغُفْرَانَ فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ ، وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَز
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .
*Bacaan Doa Awal Tahun*
Sebelum membaca doa awal tahun, sebaiknya membaca ayat kursi sebanyak 360/121/100/77/ 41/21/11 kali (semampunya) dengan basmalah di setiap permulaannya. Kemudian membaca doa berikut sebanyak salah satu angka tersebut semampunya :
اللّهُمَّ يَا مُحَوِّلَ الأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالِيْ إِلَى أَحْسَنِ الأَحْوَالِ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا مُتَعَال، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم .
Dan dilanjutkan dengan *doa awal tahun* 3X :

Hukum menjawab salam Surat Undangan


Wajib menjawab salam walaupun lewat tulisan seperti yang di sebutkan dalam kitab Adzakr Lil Imam  Nawawi juz 1 hal 274
قال الإِمام أبو سعد المتولي وغيره: إذا نادى إنسان إنساناً من خلف ستر أو حائط فقال: السلام عليك يا فلان، أو كتب كتاباً فيه: السلام عليك يا فلان، أو السلام على فلان، أو أرسل رسولاً وقال: سلّم على فلان، فبلغه الكتاب أو الرسول، وجب عليه أن يردّ السلام، وكذا ذكر الواحدي وغيره أيضاً أنه يجب على المكتوب إليه ردّ السلام إذا بلغه السلام.

Hadits Musalsal Asyuro




Musalsal ini dari Fadhilah Al Ustadz Kholid Turkistani (Mudarris di Markaz Sayyid Alawi Al Maliki) yang berguru kepada Musnid Dunya Al Allamah  Syekh Yasin Al Fadani pengarang  kitab Ithaful ikhwan hal 180 yang diantaranya terdapat hadis Musalsal ini.beliau  Syekh Yasin Fadani berkata:

قال شيخنا:حدثني به السيد محمد علي الوتري في يوم عاشوراء،قال اخبرني العلامة البركة الشيخ ابن منة الله المالكي الازهري في يوم عاشوراءسنة١٢٨٨قال:اخبرني العلامةالرحلة الشيخ محمد بن محمد الأمير الكبير المالكي الأزهري في يوم عاشوراء
(ح)وقال شيخنا أيضا:سمعته في يوم عاشوراءمن العلامة السيد أبي الحسن علي الببلاوي عن الاستاذ ابي علي حسن العدوي الحمزوي سماعاعليه في يوم عاشوراء،عن الشيخ مصطفي البولاقي،ومحمدالأمير الصغيرسماعاعليهما في يوم عاشوراء،قال كل منهما:أخبرني محمد الأمير الكبير في يوم عاشوراء

Darah keluar  sebelum melahirkan ? Nifas ?ataukah Haid?


Jika darah tersebut tidak putus hingga melahirkan maka di namakan nifas .
Jika terputus maka di namakan haidz ..Allohu A'lam
(ﻓﺼﻞ)
: ﻭﺇﻥ ﺭﺃﺕ ﻓﻲ ﻭﻻﺩﺗﻬﺎ ﺩﻣﺎ ﻓﻌﻠﻰ ﺿﺮﺑﻴﻦ:
ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ: ﺃﻥ ﻳﺒﺘﺪﺉ ﺑﻬﺎ ﻣﻊ اﻟﻮﻻﺩﺓ.
ﻭاﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺃﻥ ﻳﺒﺘﺪﺉ ﺑﻬﺎ ﻗﺒﻞ اﻟﻮﻻﺩﺓ، ﻓﺈﻥ ﺑﺪﺃ ﺑﻬﺎ اﻝﺩمقبل الولادةﻓﻼ ﻳﺨﻠﻮ ﻣﻦ ﺃﻥ ﻳﺘﺼﻞ ﺑﺪﻡ اﻟﻮﻻﺩﺓ ﺃﻡ ﻻ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﺼﻞ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﺑﻌﺪ اﻟﻮﻻﺩﺓ، ﻭاﻧﻘﻄﻊ ﻗﺒﻠﻬﺎ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺫﻟﻚ اﻟﺪﻡ ﻧﻔﺎﺳﺎ، ﻻ ﻳﺨﺘﻠﻒ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻓﻴﻪ، ﻛﺎﻥ ﻛﺎﻟﺬﻱ ﺗﺮاﻩ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﻣﻦ اﻟﺪﻡ ﻋﻠﻰ ﺣﻤﻠﻬﺎ ﻫﻞ ﻳﻜﻮﻥ ﺣﻴﻀﺎ ﺃﻡ ﻻ؟ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻟﻴﻦ

Doa perjalanan


Doa ini ijazah dari KH Zainulloh Jawi langsung dari Syekh Ismail Zain
بسم الله اعتصمت بالله أمنت بالله توكلت علي الله لا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم اللهم اني اعوذبك ان أضل او أضل أو أزل أو أزل أو أظلم أو أظلم أو أجهل أو يجهل علي برحمتك يا أرحم الراحمين

Berkurban dengan hewan yang Hamil


Pendapat Ibnu Hajar RA tidak boleh walaupun daging nya bertambah karna di katagorikan aib .
Adapun pendapat Abu Makhromah Boleh dengan Syarat tidak mengurangi kegemukannya .
اعتمد ابن حجر في الفتح علي عدم جواز التضحية بالحامل وإن زاد به اللحم لأنه عيب .واعتمد ابو مخرمة جوازه ان لم يؤثر الحمل نقصا في لحمها.
بغية المسترشدين ص ١٦٢ دار الفكر

Dahsyatnya sumur Zam-Zam


Nemu dari timeline orang lain dalam bahasa Inggris. Saya post ulang setelah saya terjemahkan.
Permukaan air ZamZam adalah sekitar 10.6 kaki di bawah permukaan tanah .
Adalah sebuah mukjizat dari Allah SWT bahwa ketika sumur Zam Zam
dipompa terus menerus selama 24 jam tanpa henti dengan tingkat sedotan 8 ribu liter/detik, permukaan sumur akan turun hingga 44 kaki di bawah permukaan tanah.
TETAPI, ketika pemompaan berhenti, permukaan sumur segera kembali pada 13 kaki di bawah permukaan tanah setelah 11 menit.